SOLOPOS.COM - Lobby card Film Pengkhianatan G30S/PKI

Panglima TNI tetap mewajibkan seluruh prajurit TNI menonton film G30S/PKI.

Solopos.com, CILEGON — Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan seluruh prajurit wajib menonton film Pengkhianatan G30S/PKI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menginstruksikan semua prajurit di lingkungan satuan TNI AD, TNI AL dan TNI Udara wajib menontonnya,” kata Panglima Gatot Nurmantyo pada acara puncak bakti sosial sekaligus memperingati HUT TNI ke-72 di Pelabuhan Dermaga Indah Kiat, Merak, Cilegon, Kamis (28/9/2017).

Pemutaran ulang film G30S/PKI itu merupakan sejarah kelam yang harus dipahami dan diketahui oleh seluruh prajurit. Film itu menggambarkan tindakan PKI membunuh tujuh jenderal, termasuk di antaranya petinggi Angkatan Darat Jenderal Ahmad Yani.

Menurutnya, kekejaman PKI itu jangan sampai terulang kembali sehingga prajurit harus mengetahui dan mehamami sejarah tersebut. Menyinggung adanya pro dan kontra pemutaran ulang film G30S/PKI itu, kata dia, hal itu sudah biasa.

Namun, pihaknya tetap menginstruksikan seluruh prajurit wajib menontonnya karena film itu bagian sejarah bangsa Indonesia. Dia menilai pemutaran ulang film G30S/PKI dinilai sangat penting bagi prajurit.

“Kami minta sejarah kelam itu jangan sampai terulang lagi,” katanya menegaskan.

Gatot mengapresiasi di berbagai daerah di Tanah Air sangat antusias menonton pemutaran film G30S/PKI yang digelar oleh berbagai elemen masyarakat juga pemerintah daerah. Apalagi, saat ini pelajaran sejarah PKI di sekolah-sekolah sudah dihapus sehingga banyak generasi bangsa yang tidak mengetahui sejarah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya