Panggung Energi

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022. Ini menjadi landasan pengembangan kendaraan bernotor listrik di Indonesia

 Oriza Viloza (Solopos/Istimewa)

SOLOPOS.COM - Oriza Viloza (Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022. Ini menjadi landasan pengembangan kendaraan bernotor listrik di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah menyampaikan ambisi Indonesia menjadi negara industri kendaraan listrik tingkat dunia.

Pertemuan dengan bos Tesla, pabrik mobil listrik di Amerika Serikat yang telah membuka cabang di China, menjadi bagian dari upaya mewujudkan ambisi itu. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pernah mengunggah foto bersama bos Tesla, Elon Musk, di akun media sosial.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saya teringat dengan kenangan masa kecil. Kala itu, hampir sepekan sekali, saya disuruh ibu saya membeli minyak tanah di kios dekat rumah. Kios milik Mbah Atmo Singkir. Sebulan sekali, saya mendapat tugas membersihkan kompor minyak tanah di rumah.

Membersihkan debu hingga membenahi posisi sumbu yang kurang pas. Mengganti sumbu bila sudah habis termakan api. Cerita itu berakhir saat saya kuliah. Saat itu pemerintah punay kebijakan mengonversi kompor minyak tanah menjadi kompor elpiji.

Seorang teman mengajak saya bergabung dalam proyek konversi energi itu. Saat itu, pemerintah daerah bekerja sama dengan beberapa institusi untuk melancarkan konversi. Tugas para pihak itu membantu pemerintah. Mendata calon penerima tabung elpiji dan kompor, menyosialisasikan syarat penerima, hingga mengajari warga menggunakan kompor gas berikut cara memasang regulator.

Saya menilai betapa ribet mendata penerima bantuan kompor, regulator, dan tabung elpiji. Ketua rukun tetangga dan lurah atau kepala desa jamak menegosiasi data penerima. Prinsipnya saat itu setiap calon penerima harus setor foto kopi kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

Tak terbersit di pikiran saya saat itu bahwa puluhan ribu data yang saya kumpulkan adalah data pribadi yang harus dilindungi. Tim menempatkan data warga sesuai alur yang ditentukan koordinator. Saat itu peran saya adalah koordinator desa. Mengurus data dua desa di setiap kecamatan.

Hajat Hidup Rakyat

Ketua Badan Anggaran DPR, Said Abdullah, mengusulkan penghapusan daya listrik rumah tangga 450 volt ampere (VA). Warga miskin dialihkan ke paket langganan 900 VA. Argumennya, meningkatkan konsumsi listrik untuk menjawab masalah PT PLN yang kelebihan pasokan daya dari pembangkit listrik.

Wakil rakyat tersebut juga mendorong peningkatan konsumsi listrik lewat penggunaan kompor listrik—rancangan program ini telah dibatalkan PT PLN. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan informasi itu baru sepihak. Bos PT PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan usulan itu baru dikaji dan masih menunggu instruksi pemerintah.

Ini sama hebohnya dengan saat konversi minyak tanah ke elpiji pada 2008 lalu. Saya masih ingat pembicaraan ibu-ibu penerima paket kompor gas saat itu. Mereka berencana menjual paket itu karena masih bisa memasak dengan kayu.

Energi memang kebutuhan dasar makhluk hidup. Pengaturan energi adalah pengaturan hajat hidup orang banyak. Perkara energi jamak bikin pusing. Krisis energi akibat perang Rusia dan Ukraina membikin pusing semua kepala negara di dunia.

Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 mengatur penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau Kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Salah satu tujuan percepatan pemakaian kendaraan bermotor listrik dalah mengurangi ketergantungan pada impor minyak mentah. Sebenarnya percepatan pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik tak menyeelesaikan persoalan.

Data Korps Lalu Lintas Polri per 15 September 2022 menunjukkan ada 19.626.721 unit kendaraan bermotor di Jawa Tengah. Betapa heboh industri otomotif berikut pasarnya di Indonesia apabila ada kebijakan konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Ada panggung energi yang jauh lebih besar. Pada 12 Desember 2015 tercapai Paris Agreement. Kesepakatan ini adalah komitmen negara-negara penanda tangan menghadapi perubahan iklim. Kesepakatan Paris 2015 itu kemudian menjadi dasar forum Group of Twenty (G20) menentukan target net zero emission (NZE) pada kurun 2050-2070.

Satu unit sedan sport bertenaga listrik bikinan Hyundai Motor Group telah dipamerkan. Mobil bernama Genesis G80 itu akan menjadi kendaraan tamu utama Konferensi Tingkat Tinggi  G20 di Bali pada November 2022. Ini panggung energi di dunia Internasional.

Panggung energi hendaknya tak sekadar pameran jargon dan target. Pemerintah jangan sampai lupa bahwa energi adalah hajat hidup orang banyak. Otoritas energi di negeri ini telah membuat peta jalan bauran energi yang bisa disimak bersama.

Bauran energi yang memberi ruang bagi penggunaan energi baru dan terbarukan di tengah dominasi energi fosil—energi kotor—yang belum dikurangi secara signifikan sebenarnya juga panggung aktor-aktor ekonomi berbasis energi.

Pertunjukan di panggung energi hendaknya mengedepankan aspek keadilan. Keadilan energi harus menjadi prinsip utama pengelolaan dan transformasi energi fosil ke energi baru dan terbarukan dan agar seluruh rakyat—terutama rakyat miskin—semakin dekat dengan pintu kesejahteraan.

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 16 September 2022. Penulis adalah jurnalis Solopos Media Group)

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Angkringan

      Konon angkringan ada sejak puluhan tahun lalu, bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Menurut sejumlah sumber, angkringan lahir dari inovasi warga Kabupaten Klaten bernama Eyang Karso Dikromo pada 1930-an.

      Demokrasi ala Muhammadiyah

      Gawe Muhammadiyah wis rampung (hajatan besar Muhammadiyah telah usai). Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah telah berakhir. Kini Muhammadiyah dan Aisyiyah kembali bekerja untuk bangsa dan semesta.

      Wisata Wedding

      Para insan pariwisata Solo bisa berharap pernikahan Kaesang-Erina bisa menjadi momentum agar orang-orang luar kota yang punya budget cukup bisa menjadikan wedding di Solo sebagai pilihan. Bali bisa menjadi contoh adanya wisata wedding ini. Banyak orang luar negeri yang melaksanakan pernikahan di Balik karena eksotisme budaya dan tradisinya.

      Menyikapi Pro Kontra Gestur Jerman di Piala Dunia 2022

      Sikap FIFA melarang ekspresi politis di lapangan adalah gagasan utopis.

      Kecacatan Editor Tulisan

      Sistem media digital mereduksi kaidah struktur penulisan kata sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)—kini kembali ke Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).

      Buya Turun dari Menara Gading

      Dosen semestinyamengajar, meneliti, menulis, juga mendampingi masyarakat. Dosen ideal juga mengajak mahasiswa terjun ke masyarakat untuk melihat persoalan lalu mencarikan solusi. Blusukan dan berdialog dengan warga akar rumput.

      Dari Bon Raja, Taman Satwa Taru Jurug, hingga Solo Safari

      Cikal bakal Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini sedang direvitalisasi menjadi Solo Safari semula adalah kebun binatang di Taman Sriwedari yang dibangun pada 1901 dengan sebutan Kebon Raja atau Bon Raja.

      Aneka Masalah untuk Rektor UNS

      Universitas Sebelas Maret (UNS) baru saja menyelesaikan hajatan besar, yaitu transisi pemimpin atau pergantian rektor.

      Kaum Boro Harus Bali Ndesa Mbangun Desa

      Istilah kaum boro sangat lekat dengan Kabupaten Wonogiri. Banyak warga Kabupaten Wonogiri memiliki sejarah panjang dengan budaya merantau.

      Pencanangan Kampung KB

      Pencanangan kampung KB (keluarga berkualitas) di Kota Solo belum lama ini menarik untuk diperhatikan. Meski dicita-citakan dapat membawa harapan baru, yang patut untuk dipertanyakan adalah harapan siapakah itu?

      Banjir Kabar Banjir

      Semestinya urusan saluran air dan tata kelola lingkungan diperhatikan dengan baik sehingga banjir bisa dikendalikan serta bisa mewariskan lingkungan yang baik bagi generasi mendatang.

      Bukan Radiator Springs

      Mereka khawatir jalan-jalan baru antarprovinsi ini membuat daerah-daerah jadi sepi karena tak ada pelaku perjalanan antardaerah yang mau mampir.

      Paradoks Implementasi Merdeka Belajar

      Program Merdeka Belajar sebagai ikhtiar memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan patut diapresiasi. Sebagai program transformatif banyak hal yang harus ditelaah secara kritis, antara lain, rapor pendidikan Indonesia dan program guru penggerak.

      Epifani Mengoreksi Kesombongan dan Daya Ingat Pendek

      Pada antroposentrisme manusia menyatakan klaim sebagai satu-satunya makhluk hidup yang ”berkesadaran” di alam raya ini. Manusia memandang dan menganggap segala sesuatu di luar dirinya yang tak berkesadaran sebagai objek.

      Keroncong Hibrida

      Satu genre musik bisa saja kalah, tersisih, tersia-sia, merana karena ditinggalkan penggemar. Sekarat pun boleh, tapi tak bisa mati. Setidaknya karena satu alasan: tak punya kuburan!

      Eksistensi Santri Bermartabat

      Identitas santri mencakup aspek intelektual, sikap, tingkah laku, dan religiositas. K.H. M. Dian Nafi’ yang meninggal pada 1 Oktober 2022 layak menjadi rujukan pembentukan karakter seorang santri.