Panggung Energi

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022. Ini menjadi landasan pengembangan kendaraan bernotor listrik di Indonesia

 Oriza Viloza (Solopos/Istimewa)

SOLOPOS.COM - Oriza Viloza (Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022. Ini menjadi landasan pengembangan kendaraan bernotor listrik di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah menyampaikan ambisi Indonesia menjadi negara industri kendaraan listrik tingkat dunia.

Pertemuan dengan bos Tesla, pabrik mobil listrik di Amerika Serikat yang telah membuka cabang di China, menjadi bagian dari upaya mewujudkan ambisi itu. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pernah mengunggah foto bersama bos Tesla, Elon Musk, di akun media sosial.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saya teringat dengan kenangan masa kecil. Kala itu, hampir sepekan sekali, saya disuruh ibu saya membeli minyak tanah di kios dekat rumah. Kios milik Mbah Atmo Singkir. Sebulan sekali, saya mendapat tugas membersihkan kompor minyak tanah di rumah.

Membersihkan debu hingga membenahi posisi sumbu yang kurang pas. Mengganti sumbu bila sudah habis termakan api. Cerita itu berakhir saat saya kuliah. Saat itu pemerintah punay kebijakan mengonversi kompor minyak tanah menjadi kompor elpiji.

Seorang teman mengajak saya bergabung dalam proyek konversi energi itu. Saat itu, pemerintah daerah bekerja sama dengan beberapa institusi untuk melancarkan konversi. Tugas para pihak itu membantu pemerintah. Mendata calon penerima tabung elpiji dan kompor, menyosialisasikan syarat penerima, hingga mengajari warga menggunakan kompor gas berikut cara memasang regulator.

Saya menilai betapa ribet mendata penerima bantuan kompor, regulator, dan tabung elpiji. Ketua rukun tetangga dan lurah atau kepala desa jamak menegosiasi data penerima. Prinsipnya saat itu setiap calon penerima harus setor foto kopi kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

Tak terbersit di pikiran saya saat itu bahwa puluhan ribu data yang saya kumpulkan adalah data pribadi yang harus dilindungi. Tim menempatkan data warga sesuai alur yang ditentukan koordinator. Saat itu peran saya adalah koordinator desa. Mengurus data dua desa di setiap kecamatan.

Hajat Hidup Rakyat

Ketua Badan Anggaran DPR, Said Abdullah, mengusulkan penghapusan daya listrik rumah tangga 450 volt ampere (VA). Warga miskin dialihkan ke paket langganan 900 VA. Argumennya, meningkatkan konsumsi listrik untuk menjawab masalah PT PLN yang kelebihan pasokan daya dari pembangkit listrik.

Wakil rakyat tersebut juga mendorong peningkatan konsumsi listrik lewat penggunaan kompor listrik—rancangan program ini telah dibatalkan PT PLN. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan informasi itu baru sepihak. Bos PT PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan usulan itu baru dikaji dan masih menunggu instruksi pemerintah.

Ini sama hebohnya dengan saat konversi minyak tanah ke elpiji pada 2008 lalu. Saya masih ingat pembicaraan ibu-ibu penerima paket kompor gas saat itu. Mereka berencana menjual paket itu karena masih bisa memasak dengan kayu.

Energi memang kebutuhan dasar makhluk hidup. Pengaturan energi adalah pengaturan hajat hidup orang banyak. Perkara energi jamak bikin pusing. Krisis energi akibat perang Rusia dan Ukraina membikin pusing semua kepala negara di dunia.

Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 mengatur penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau Kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Salah satu tujuan percepatan pemakaian kendaraan bermotor listrik dalah mengurangi ketergantungan pada impor minyak mentah. Sebenarnya percepatan pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik tak menyeelesaikan persoalan.

Data Korps Lalu Lintas Polri per 15 September 2022 menunjukkan ada 19.626.721 unit kendaraan bermotor di Jawa Tengah. Betapa heboh industri otomotif berikut pasarnya di Indonesia apabila ada kebijakan konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Ada panggung energi yang jauh lebih besar. Pada 12 Desember 2015 tercapai Paris Agreement. Kesepakatan ini adalah komitmen negara-negara penanda tangan menghadapi perubahan iklim. Kesepakatan Paris 2015 itu kemudian menjadi dasar forum Group of Twenty (G20) menentukan target net zero emission (NZE) pada kurun 2050-2070.

Satu unit sedan sport bertenaga listrik bikinan Hyundai Motor Group telah dipamerkan. Mobil bernama Genesis G80 itu akan menjadi kendaraan tamu utama Konferensi Tingkat Tinggi  G20 di Bali pada November 2022. Ini panggung energi di dunia Internasional.

Panggung energi hendaknya tak sekadar pameran jargon dan target. Pemerintah jangan sampai lupa bahwa energi adalah hajat hidup orang banyak. Otoritas energi di negeri ini telah membuat peta jalan bauran energi yang bisa disimak bersama.

Bauran energi yang memberi ruang bagi penggunaan energi baru dan terbarukan di tengah dominasi energi fosil—energi kotor—yang belum dikurangi secara signifikan sebenarnya juga panggung aktor-aktor ekonomi berbasis energi.

Pertunjukan di panggung energi hendaknya mengedepankan aspek keadilan. Keadilan energi harus menjadi prinsip utama pengelolaan dan transformasi energi fosil ke energi baru dan terbarukan dan agar seluruh rakyat—terutama rakyat miskin—semakin dekat dengan pintu kesejahteraan.

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 16 September 2022. Penulis adalah jurnalis Solopos Media Group)

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Eksistensi Santri Bermartabat

      Identitas santri mencakup aspek intelektual, sikap, tingkah laku, dan religiositas. K.H. M. Dian Nafi’ yang meninggal pada 1 Oktober 2022 layak menjadi rujukan pembentukan karakter seorang santri.

      Kecemasan Matematika Pascapandemi Covid-19

      Kembali ke sekolah setelah menjalani pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 menjadikan emosi bercampur aduk di kalangan siswa.

      Dampak Eksploitasi Nikel pada Lingkungan

      Nikel adalah salah satu mineral yang tengah diminati banyak pihak, apalagi kini nikel menjadi bahan penting dalam promosi energi hijau karena sebagai komponen produksi kendaraan listrik.

      Mencegah Kekerasan untuk Menjaga Muruah Pesantren

      Sangat disayangkan kasus kekerasan di lembaga pendidikan, dalam hal ini pesantren, masih juga terulang. Pesantren menjadi salah satu pilihan orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

      Keagungan Olahraga

      Tentara Jerman dan Inggris saling bunuh di area sengketa di Belgia atau kawasan Nonman Land pada 1918. Mereka berbalas tembakan dan melempar bom. Kematian selalu membayangi setiap tentara.

      Citra Solo The Spirit of Java

      Sejak masih menjadi calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melihat The Spirit of Java masih relevan sebagai city branding Kota Solo. Visi dan misi dia sebagai Wali Kota Solo juga terkait erat dengan tagline Solo The Spirit of Java.

      Pendidikan Agama untuk Generasi Z

      Menghadapi kenyataan yang demikian, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi. Salah satunya peluncuran Kurikulum Merdeka yang memiliki kekhasan penguatan profil pelajar Pancasila.

      Tragedi Itaewon dan Filsafat Kerumunan

      Kerumunan massa yang begitu antusias dan gembira merayakan Halloween setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan akibat pandemi justru berujung tragis.

      Perekrutan Anggota Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Lebih Mudah

      Secara umum penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sama dengan Pemilu 2019 karena berdasarkan regulasi yang sama, yaitu Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

      Ingat, Kendalikan Jempolmu!

      Kita harus bisa mengendalikan jempol, menjaga perilaku dan etika, memberikan komentar positif yang membangun saat menggunakan media sosial.

      Kompleks Pemusatan Latihan, Investasi, dan Industri Sepak Bola

      Selain mengasah sekaligus menjajal kemampuan tim selama berlatih di Kota Solo, salah satu target utama Persis Solo ke Johor adalah menimba ilmu tentang pengelolaan klub sepak bola profesional.

      Politik Kebahagiaan

      Saya membayangkan ketika tiap manusia, tiap individu, adalah Sisifus, tentu membutuhkan ruang yang cukup demi mencapai kebahagiaan. Demi mencapai bagian terindah ”semuanya baik-baik saja”.

      Melayani dengan Hati

      Saya mencoba menata kata-kata agar tidak terlalu berlebihan memberikan apresiasi. Saya ingin tetap sesuai koridor bahwa apresiasi adalah penghargaan atas sikap positif melayani konsumen.

      Intelektualisme Awal Muhammadiyah Kota Solo

      Kebesaran pergerakan Muhammadiyah selalu dinilai dari kuantitas/jumlah amal usaha yang berhasil didirikan. Penilaian demikian bukan keliru, tetapi kurang tepat.

      Pertaruhan Nama Baik

      Ini tentu sebuah kehormatan karena kota yang hanya seluas 40-an kilometer persegi ini menjadi lokasi penyelenggaraan acara yang mendatangkan jutaan orang dalam satu waktu.

      ASO dan Perlawanan Konglomerat Media

      Kebijakan migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) telah dilakukan pada Rabu (2/11/2022). Ini membuat siaran TV analog tidak bisa berfungsi lagi.