SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

JOGJA—Sri Sultan Hamengku Buwono X menunjukkan empat keris milik Kraton kepada pangeran Norwegia Haakon Magnus. Empat keris tersebut bernama Kyai Wirun, Dapur Nogososro, Dapur Nogosiluman dan Dapur Suman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sultan mengatakan bahwa berbagai macam keris yang ditampilkan bentuknya beda beda, ada dari meteor, lurus, eluk. Dipilihnya keris untuk membuktikan bahwa keris adalah pusaka milik Indonesia bukan Malaysia.

“Pusaka tadi keris kan punya motif beda-beda, ada dari meteor, ada lurus, eluk. Untuk memahami bahwa keris untuk memahami keris milik bangsa Indonesia bukan Malaysia,” katanya di Kraton Jogja, Rabu (28/11/2012).

Dalam pertemuan tersebut Sultan didampingi istri GKR Hemas. Sedangkan pangeran Norwegia Hakoon Magnus didampingi putri Mette Marift.

Tidak ada pembahasan mengenai kerjasama dengan Kraton. Sultan hanya mengatakan ada peluang kerjasama terkait lingkungan. Karena Norwegia adalah negara kerjaan yang ketat dalam hal lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya