Pangeran Arab Hadiahkan Masjid Untuk Presiden Jokowi, Pemkot Solo Tawarkan 2 Lokasi Ini

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menawarkan dua lokasi untuk pembangunan masjid hadiah dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pangeran Arab Hadiahkan Masjid Untuk Presiden Jokowi, Pemkot Solo Tawarkan 2 Lokasi Ini

SOLOPOS.COM - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan (kanan), ditemani Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berkunjung ke lahan bekas depo Pertamina di Gilingan, Solo, Kamis (29/8/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menawarkan dua lokasi untuk pembangunan masjid hadiah dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua lokasi tersebut yakni bekas depo Pertamina di daerah Gilingan dan di sekitar Masjid Taman Sriwedari Solo (MTSS). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, masih menimbang dua lahan yang ditawarkan Pemkot tersebut.

Luhut berkunjung ke Kota Solo pada Kamis (29/8/2019) salah satunya untuk meninjau lokasi bakal pembangunan masjid hadiah dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo.

Luhut mengaku bakal melaporkan hasil kunjungannya kepada Presiden Jokowi dalam waktu dekat. Luhut juga akan bertolak ke Abu Dhabi, UEA, untuk bertemu Pangeran Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan pada Senin (16/9/2019).

“Awalnya pemahaman kami masjid di Sriwedari cuma 1,7 hektare. Ternyata bisa dikembangkan sampai 10 hektare. Kalau lima hektare di antaranya dikembangkan lebih jauh, sudah bisa jadi sentral [Islamic Center] dengan fasilitas first class. Tanah kosong di bekas depo Pertamina luasnya 2,4 hektare, kalau pompa bensinnya dipindahkan jadi 2,8 hektare. Masjidnya [akan] kecil. Di situ juga sudah ada dua masjid,” kata dia kepada wartawan.

Luhut menyampaikan keputusan akhir lokasi pembangunan menjadi hak Presiden. Ia bahkan berujar kemungkinan membangun masjid di kedua lokasi.

“Syukur dua-duanya dibangun. Saya laporkan nanti, terserah beliau [Presiden] mau pilih yang mana. Nanti untung ruginya gimana. Tadi Pak Wali [Wali Kota Solo] juga kasih masukan,” papar dia.

Luhut berharap setelah kunjungannya ke Abu Dhabi bulan depan, ia sudah mengantongi keputusan soal pembangunan masjid. Selain masjid, Sheikh Mohamed juga disebut bakal membantu Indonesia di bidang pertanian, pendidikan, serta pertahanan.

Islamic Center diharapkan menjadi pusat kegiatan pencerahan Islam yang ramah, damai, dan jauh dari kekerasan. “Kalau jadi bangun di bekas depo, nanti tanahnya dihibahkan dari Pertamina kepada Pemkot. Kalau enggak jadi dibangun, ya enggak jadi dihibahkan juga,” ucapnya.

Dalam kunjungan Luhut tersebut, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, sempat menawarkan pengembangan MTSS menjadi Islamic Center di lokasi bangunan Graha Wisata Niaga. Sebagai informasi, kedatangan Luhut ke Kota Solo hanya berselang dua pekan setelah kunjungan Dubes UEA untuk Indonesia, Muhammed Abdulla Al Ghfeli.

Berita Terkait

Berita Terkini

Seluruh Wilayah di Yogyakarta Masuk PPKM Level 4

Kegiatan nonesensial masih diwajibkan berlangsung secara virtual, aktivitas esensial diperbolehkan beroperasi sampai 50 persen.

Tekan Kematian Covid-19, Dinkes Jateng Sarankan Isolasi Terpusat

Dinkes Jateng meminta pasien Covid-19 untuk melakukan karantina di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan pemerintah.

Pasien Covid-19 Kini Lebih Cepat Meninggal, Ini Penyebabnya

Pasien sering terlambat dibawa ke rumah sakit hingga berujung meninggal dunia.

Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 Plupuh dan Miri Sragen Rendah, Kenapa Ya?

Anggaran penanganan Covid-19 di dua kecamatan Sragen yakni Miri dan Plupuh, masih rendah, kurang dari 30 persen hingga awal Agustus ini.

Waduh, Tingkat Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Klaten Masih Tinggi Lur!

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 Kabupaten Klaten hingga awal pekan ini masih tinggi.

Kena Prank Keluarga Akidi Tio, Kapolda Sumsel Memilih Berpikir Positif

Ada atau tidaknya dana Rp2 triliun tidak menyurutkan ikhtiar Polda Sumsel menanggulangi Covid-19.

Pasien Positif Corona Tanpa Gejala Sukoharjo Didorong Isolasi di 2 Tempat Ini

Pasien positif terpapar virus corona tanpa gejala atau bergejala ringan di Kabupaten Sukoharjo didorong menjalani isolasi di tempat khusus.

Ahli IPB: Harimau Tak Bisa Tularkan Corona ke Manusia

Kejadian penyakit pada hewan di berbagai belahan dunia sangat identik, yakni hewan tersebut tertular dari pemiliknya.

Pelayanan Kantor Kecamatan Jebres Solo Buka Lagi setelah Tutup karena 10 Pegawai Positif Corona

Pelayanan kantor Kecamatan Jebres, Solo, sudah kembali dibuka setelah sempat tutup beberapa hari karena sejumah pegawai terpapar Covid-19.

Kasus Covid-19 Tambah 22.404, Jateng Penyumbang Terbanyak

Dari kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 22.404 hari ini, Jateng berkontribusi 3.218.

Lima Makanan dan Minuman Ini Mampu Atasi Dehidrasi

Jangan abaikan rasa haus apalagi di musim kemarau, karena itu salah satu sinyal bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

12 Daerah di Jawa-Bali Naik ke PPKM Level 4, Ini Daftarnya

Sebanyak 12 daerah naik ke PPKM Level 4, sembilan daerah turun ke PPKM Level 3, dan satu daerah turun ke PPKM Level 2.