Tutup Iklan
Suasana Sertijab para jenderal TNI AD di Mabesad, Jakarta, Senin (10/12/2018). (Istimewa-Pendam Diponegoro)

Solopos.com, JAKARTA — TNI Angkatan Darat secara resmi melakukan pergantian tujuh jabatan strategis di lingkungannya. Prosesi serah terima jabatan (sertijab) tujuh jabatan strategis itu digelar di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution, Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya, mengatakan tujuh jabatan yang diserahterimakan itu, yakni jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Mayjen TNI Besar Harto Karyawan yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi, penyerahan jabatan Asrena Kasad dari Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto yang menempati jabatan baru sebagai Irjenad kepada Kasad, Jenderal TNI AD Andika Perkasa, menyusul belum ditunjuknya pejabat pengganti.

Selanjutnya, serahterima jabatan Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) dari Mayjen TNI Johny Lumban Tobing kepada Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto, Pangdam III/Siliwangi dari Mayjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Mayjen TNI Tri Soewandono.

"Selain itu, juga diserahterimakan jabatan Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Wuryanto kepada Mayjen TNI Mochamad Effendi, Komandan Pusat Intelijen Angkatan Darat (Danpusintelad) dari Brigjen TNI Djaka Budhi Utama kepada Brigjen TNI Sonny Aprianto, Direktur Perbekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Dirbekangad) dari Brigjen TNI Taat Agus Budianto kepada Kolonel Cba Helly Guntoro serta Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) dari Brigjen TNI Arief Budiarto kepada Kolonel Cku Eri Radityawara Hidayat,” ujar Kadispenad dalam pernyataan resmi yang diterima Semarangpos.com, Senin petang.

Kadispenad menambahkan sertijab di lingkungan TNI AD merupakan hal ang biasa. Sertijab merupakan proses alami regenerasi kepemimpinan dalam rangka menjaga kualitas kinerja dan produktivitas organisasi dalam menghadapi tantangan dan tuntutan tugas yang saat ini semakin kompleks dan dinamis.

"Pergantian pejabat ini merupakan bagian dari mekanisme pembinaan personel dalam rangka mewujudkan TNI AD yang profesional, modern, dan adaptif,” imbuh Kadispenad.

Upacara penyerahan jabatan dan Sertijab yang berlangsung secara sederhana namun khidmat tersebut ditandai dengan penyerahan lambang satuan kepada KSAD dari pejabat lama, penanggalan dan penyematan tanda jabatan, pemasangan pangkat dan penyerahan tongkat komando, dan penandatanganan naskah sertijab serta diakhiri dengan laporan resmi dari masing-masing pejabat kepada KSAD.

Dalam rangkaian upacara penyerahan jabatan dan Sertijab tersebut menurut Kadispenad juga dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas yang dipimpin oleh KSAD.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten