SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL—Nelayan di Bantul mulai panen hasil tangkapan setelah dua pekan terakhir berhenti melaut karena cuaca buruk. Hasil tangkapan ikan nelayan kini bisa 20 kilogram sampai 30 kilogram, seperti ikan bawal laut dan udang lobster.

“Baru tiga hari ini kami [nelayan] berani melaut,” kata nelayan Pantai Samas, Mugari, kepada Harianjogja.com, Sabtu (11/10/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ikan bawal bisa ditangkap secara mudah. Dari jangkauan melaut paling pendek seperti bibir pantai saja, nelayan dapat membawa pulang lebih dari 20 Kg. Mugari memprediksi situasi ini berjalan jelang musim penghujan sampai awal Februari 2015.

Dardi Nugroho, pemilik kapal nelayan di Pantai Depok, membenarkan dalam tiga hari ini seluruh nelayan sudah beroperasi lagi setelah lama libur melaut karena kondisi cuaca. Hasil tangkapan ikan seperti ikan bawal dan udang lobster harganya cukup mendukung. Untuk ikan bawal laut per kilogramnya bisa mencapai Rp68.000 dan udang lobster kualitas baik bisa mencapai Rp450.000 per Kg. Untuk menjaring lobster dibutuhkan nyali besar para nelayan.

Nelayan harus memasang jaring sampai dasar laut dan lain harinya baru diambil kembali.

“Hasilnya dijual ke pedagang lokal terlebih dulu baru kalau ada sisa dijual pedagang untuk pasokan ikan luar daerah,” ungkap nelayan Depok lainnya, Ratno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya