SOLOPOS.COM - Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri puncak peringatan dies natalis Fakultas Hukum Universitas Hassanudin (Unhas) Makasar, Rabu (17/3/2021). (Istimewa-Kementan)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memastikan kondisi stok beras secara nasional bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Lebaran tahun ini. Stok beras nasional dipastikan bertambah seiring dimulai musim panen raya.

“Semua menunjukkan oke. Artinya beras kita aman sampai Lebaran mendatang. Saat ini panen raya terus berlangsung di sejumlah sentra,” ujarnya saat berkunjung ke gudang beras PT Food Station Tjipinang Jaya di Jakarta seperti dilansir Antara, Selasa (7/2/2023).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kepastian kondisi beras tersebut, kata Mentan SYL dihitung secara detail baik menggunakan KSA BPS, standing crop, laporan daerah dan peninjauan langsung di lapangan. Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo, menyampaikan bahwa kebutuhan beras untuk wilayah DKI Jakarta dalam kondisi aman dan melimpah.

Ekspedisi Mudik 2024

Terlebih Food Station baru saja menerima limpahan beras sebanyak 494 ton dari Sumatera Selatan. Menurutnya, beras sebanyak itu masih akan bertambah seiring panen raya di sejumlah sentra terus berlangsung.

“Yang masuk saat ini kurang lebih 595 ton atau 21 truk. Tapi Insya Allah besok akan digelontorkan lagi atau diguyur lagi kurang lebih 50 truk atau ekuivalen sebanyak 1.000 ton,” ujar Pamrihadi.

Pamrihadi mengatakan pihaknya sangat optimis dengan kondisi dan ketersediaan beras saat ini. Apalagi, Sumatera Selatan tengah memasuki musim panen yang akan berlangsung hingga April mendatang.

“Sumatera Selatan adalah wilayah yang saat ini panen raya besar. Kita harapkan mampu memenuhi kebutuhan cadangan beras kita,” katanya.

Lebih lanjut Pamrihadi juga menyampaikan bahwa kondisi harga beras saat ini berangsur mengalami penurunan. Sebagai contoh, posisi harga beras IR 643 saat ini rata-rata turun dari harga Rp10.375 pada 2 minggu lalu menjadi Rp10.175 per hari ini. Dia pun memastikan harga beras medium bisa kembali normal di harga Rp9.450.

“Kita ingin setiap hari turun Rp25. Jadi kami berterimakasih kepada jajaran Kementan atas distribusi beras tahun ini. Sekali lagi kita sangat yakin beras kita cukup,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya