SOLOPOS.COM - Ilustrasi Panen Tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Panen raya tembakau di Temanggung tampaknya tak begitu berdampak pada penjualan sepeda motor.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Permintaan sepeda motor di Temanggung, Jawa Tengah, pada panen raya tembakau tahun ini turun sekitar 25-30 persen dibanding masa panen tembakau pada 2014.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Manajer Soedirman Motor Temanggung, Kasimin, di Temanggung, Jumat, mengatakan permintaan saat panen tembakau tahun lalu rata-rata enam unit per hari, saat ini hanya sekitar empat unit per hari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hingga memasuki akhir masa panen tembakau tahun ini sepertinya tidak ada geliat permintaan sepeda motor,” katanya.

Ia menuturkan hingga awal Oktober ini, rata-rata permintaan sepeda motor masih sama seperti bulan-bulan sebelumnya, yakni empat unit sepeda motor per hari.

Ia mengakui memasuki Oktober 2015, ada sedikit pergeseran dari kredit ke tunai. Penjualan tunai meningkat sekitar 10 persen dan pembelinya memang dari daerah penghasil tembakau, seperti Candiroto, Bulu, Kedu, dan Wonoboyo.

Ia mengatakan saat panen tembakau seperti sekarang ini biasanya merupakan “booming” untuk penjualan sepeda motor di Temanggung, namun untuk tahun ini kelihatannya sepi.

Khusus menghadapi panen tembakau, katanya pihaknya menyiapkan stok sepeda motor dua kali lipat dari kebutuhan normal.

“Kami menyetok untuk persediaan dua bulan, sampai saat ini di gudang masih penuh kendaraan,” katanya.

Petani tembakau warga Tlahab, Kecamatan Kledung, mengatakan kualitas tembakau tahun ini memang bagus, tetapi produktivitasnya menurun.

“Produktivitas tembakau turun sekitar 20 persen, sedangkan harganya tidak sesuai harapan petani. Bisa balik modal pun kami sudah bersyukur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya