SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah durian (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Para pecinta durian Kulonprogo perlu bersabar untuk bisa mencicipi buah dengan rasa menggiurkaan itu. Pasalnya jadwal panen durian di Bumi Menoreh justru mundur dari prediksi petani. Penggiat durian baru bisa menikmati durian Menoreh pada Maret mendatang.

Sugito, 57, petani durian dari Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang mengungkapkan, sesuai jadwalnya seharusnya pada Februari nanti durian sudah bisa panen. Namun karena belakangan intensitas hujan di Kulonprogo cukup tinggi, maka durian yang sudah berumur pun membusuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masih ada yang terselamatkan, tapi panennya masih Maret nanti,” ujar Sugito kepada wartawan, Selasa (7/1/2014).

Dia menambahkan, tingginya intensitas hujan tidak hanya membuat durian telat panen. Lebih dari itu, kualitas durian pun mengalami penurunan.

“Mungkin rasanya sedikit hambar karena sering diguyur hujan yang menyebabkan penumpukan kadar air,” tandasnya.

Panen terlambat tidak hanya terjadi pada durian Banjaroya saja. Panen durian di wilayah Kokap pun juga terlambat karena hujan yang sering turun belakangan ini rata mengguyur wilayah Menoreh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya