SOLOPOS.COM - Nelayan Baron membawa ikan hasil tangkapannya. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Nelayan Baron, Gunungkidul sudah panen raya ikan bawal dua hari belakangan. Nelayan bahkan sanggup menangkap ratusan kilogram ikan bawal sekali melaut.

Salah satu nelayan Ahmat Tohari bersama anak buah kapal Tukiyo sanggup menangkap 160 kilogram ikan pada Minggu (27/10/2013). Ahmat bisa meraup keuntungan bersih Rp10 juta. Sementara sisa Rp6 juta untuk biaya operasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ikan bawal yang ditangkap rata-rata memiliki berat tiga ons hingga empat ons. Setiap kilogram dihargai Rp100.000. Bahkan ikan bawal dengan berat lima ons bisa dijual hingga Rp150.000 setiap kilogram.

“Ikan bawal sedang musimnya saat ini. Hasil tangkapan sangat melimpah,” tutur dia.

Nelayan lain, Winarto mengakui hal serupa. Menurut dia bulan-bulan ini sudah mulai musim ikan bawal. Namun ia mengaku belum sempat ikut melaut lantaran masih mengikuti bimbingan teknis penggunaan Global Positioning System (GPS) dan fish finder dari Lembaga Antarariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan).

“Tahun ini produksi ikan bawal sedang melimpah. Dua hari ini hasilnya bagus. Semoga bisa lama sehingga semua nelayan bisa merasakan hasilnya,” papar dia.

Ia berharap dengan bantuan alat GPS dan fish finder hasil tangkapan ikan nelayan bisa lebih banyak. Selain itu alat tersebut diharapkan mampu membuat nelayan lebih bisa berhemat waktu, tenaga dan bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya