SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Pemberdayaan warga lewat kegiatan pelatihan kerajinan dan usaha menjadi salah satu program utama di Kelurahan Panembahan Kecamatan Kraton, Jogja. Berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Pemkot, warga mendapat pelatihan menjahit dan berbisnis.

Pelatihan menjahit diberikan kepada 20 warga sementara pelatihan berbisnis juga diberikan pada 20 warga. “Kegiatan menjahit program dengan Dinsos, kalau yang peluang bisnis dikelola BKM (badan keswadayaan masyarakat) Panembahan,” kata Lurah Panembahan, Kresno Irianto, di kantornya, Jumat (16/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program pelatihan tersebut, kata Kresno, menjadi modal untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Selain dilatih memproduksi barang kerajinan, peserta juga diajarkan bagaimana cara memasarkan hasil kerajinan tersebut. “Apalagi wilayah dekat lokasi wisata, peluang mengembangkan bisnis warga juga cukup terbuka,” lanjut Kresno.

Terpisah, warga Namburan, Kelurahan Panembahan, Triyanto mengatakan, kelurahan tengah mengupayakan bantuan untuk lansia telantar di wilayah tersebut. Ada 10 nama lansia yang diupayakan mendapat santunan Rp300.000 per bulan dari Dinas Sosial. “Proposal sudah diajukan untuk 10 lansia, semoga ditindaklanjuti,” kata Triyanto.(Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya