SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak yang sedang bermain (Family Education)

Solopos.com, SOLO – Memberikan mainan merupakan cara mudah menghentikan anak yang sedang menangis. Kebanyakan orang tua seringkali menganggap benda sepele ini sebagai media penghibur bagi anak.

Padahal, tanpa disadari mainan itu penting untuk memengaruhi tumbuh kembang anak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari manfaat luar biasa dari mainan tersebut. Jadi, mereka biasanya memberikan sembarang mainan hanya demi menghentikan tangisan si anak.

Padahal, jika diperhatikan, mainan berperan penting meningkatkan kemampuan motorik dan daya imajinasi anak.

Jenis mainan juga harus disesuaikan dengan usia anak. Mainan yang sering dianggap sepele ternyata punya segudang manfaat. Suatu mainan bahkan bisa jadi solusi untuk mengembangkan kecerdasan si anak.

Masih bingung bagaimana cara yang tepat memilih mainan sesuai usia si buah hati?

Mengutip Parents, Selasa (6/11/2018), anak usia 0-3 bulan sebaiknya diberi mainan yang berwarna cerah. Warna terang dapat merangsang penglihatan si buah hati.

Saat usia si kecil memasuki bulan keenam, berikan mainan yang bisa digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi. Berikan juga mainan yang bertekstur agar kemampuan motorik si anak berkembang.

Memasuki usia 9-12 bulan, perkenalkan anak dengan boneka, robot-robotan, atau mainan squishy unik. Melalui mainan ini, ajaklah anak berkomunikasi untuk merangsang kemampuan berbahasa dan mengekspresikan diri.

Pada usia satu tahun, orang tua bisa mengajak anak bermain di luar ruangan. Ajaklah anak main di kolam renang, taman, atau kebun binatang. Anda juga bisa mengajak anak bermain balok susun untuk meningkatkan kecerdasannya.

Sementara buku dan puzzle bisa dikenalkan kepada anak usia dua tahun. Mainan ini merangsang imajinasi dan koordinasi anggota tubuh. Anda jua bisa memberikan mainan lain seperti boneka Barbie, mobil-mobilan, atau pianika.

Selanjutnya, berikan buku dan alat tulis untuk merangsang kemampuan motorik halusnya. Mainan memang penting untuk mengembangkan kecerdasan anak. Namun, yang lebih penting adalah orang tua harus selalu menemani anaknya bermain.

Semua jenis mainan anak terbaru yang dibutuhkan dapat Anda temukan dengan mudah di supermarket maupun situs jual beli online, seperti Tokopedia. Situs jual beli online terbesar di Indonesia itu menyediakan mainan lengkap yang bisa dipilih sesuai usia anak.

Tunggu apalagi, cari mainan anak, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya