SOLOPOS.COM - Ilustrasi laptop

Solopos.com, SOLO — Di masa kini, sudah banyak orang yang menerapkan strategi marketing digital dalam berjualan online. Namun demikian, mayoritas dari mereka hanya memanfaatkan sosial media dan marketplace saja dalam menjalankan bisnis.

Padahal, sebenarnya jualan di website bisa lebih menguntungkan. Sebab, Anda akan bebas mengelolanya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda juga bebas membuat kampanye promosi, melakukan branding, dan mengembangkan bisnis sesuai rencana Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Website memiliki banyak hal yang bisa Anda manfaatkan, termasuk dalam menjalankan bisnis.

Website adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan dari dokumen dengan dokumen lainnya yang dapat diakses melalui browser,” ujar pakar komputer Indonesia, Yuhefizar.

Ekspedisi Mudik 2024

Artinya, website juga dapat memperkenalkan produk atau jasa dari bisnis yang Anda kembangkan secara global.

Untuk Anda yang hendak memulai bisnis ini, Anda tak perlu bingung cara membuat website toko online sendiri. Apalagi kini membuat website toko online mudah dilakukan. Untuk itu, ketahui cara bikin website online shop pada artikel di bawah ini.

Alasan Harus Membuat Website Toko Online

Kendati kini sudah banyak marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk, namun akan lebih baik jika Anda memiliki toko online sendiri. Sebab, Anda memiliki kendali atas website toko online tersebut. Mulai dari mengatur desain website, fitur yang ingin ditampilkan, dan lainnya.

Baca Juga: Toko Online Vanessa Angel Tetap Beroperasi, Keuntungannya untuk Gala

Sementara, marketplace memiliki tampilan produknya yang tak bisa bebas diutak-atik. Terlebih, marketplace juga menampilkan produk dari berbagai toko dan brand lainnya.

Kemudian, margin laba yang didapatkan juga bisa lebih besar karena Anda bisa mengatur sendiri keuntungan produk dan menentukan biaya transaksi. Lalu, engagement brand pada toko online juga lebih terfokus. Anda juga bisa menyasar pasar global, dimana semua orang di seluruh dunia dapat mengakses situs Anda.

Cara Membuat Website Toko Online

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk membuat website toko online. Berikut ulasannya:

Pilih Jenis Website, Susun Strukturnya

Pertama, pilih jenis website yang Anda kehendaki. Jika Anda ingin membuat toko online, pilihlah template yang sesuai. Jika Anda menggunakan layanan website builder, maka ada banyak pilihan template website yang bisa langsung dipilih dan digunakan.

Selain menggunakan template tersedia, Anda juga dapat mendesain website Anda dengan template kosong.

Kemudian, buatlah halaman utama yang dapat dilihat pengunjung ketika berkunjung ke website Anda. Anda perlu menampilkan sesuatu yang berkesan dan menarik di bagian ini.

Berikutnya adalah membuat halaman dan bagian-bagian tertentu pada website. Pada tahap ini, Anda perlu memperhatikan bagian header, footer, dan detail lainnya.

Baca Juga: Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Hal yang perlu Anda ingat, coba pikirkan informasi apa yang diinginkan calon pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda bisa membuat menu sesuai sasaran.

Pilih Nama Domain

Anda mungkin sudah menentukan nama domain sebelum membuat website, atau justru sebaliknya. Jika Anda belum punya domain, mulailah pilih nama domain sebelum website dijalankan. Anda juga bisa menggunakan nama perusahaan atau brand sebagai nama domain. Selain mudah diingat, website juga akan lebih terlihat profesional.

Atur Konfigurasi

Sebelum mengonlinekan website, pastikan tampilan sudah bagus di perangkat desktop dan seluler. Untuk mempublikasikan website, hubungkan website dengan nama domain. Apabila tidak, website Anda tidak akan memiliki pengunjung sama sekali.

Setelah memiliki nama domain, Anda hanya perlu menghubungkan website dengan nama domain, dan website sudah siap dikunjungi.

Untuk mendapatkan banyak trafik, pikirkan strategi pemasaran digital terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Isi Toko Online dengan Konten Produk

Berikutnya adalah mengisi toko online dengan produk yang akan dijual. Anda bisa mengunggah materi foto atau bahkan video yang memperlihatkan produk Anda. Berikan caption atau tulisan menarik seputar produk tersebut, secara informatif dan menggugah calon konsumen.

Jadikan Website SEO Friendly

Dalam membangun website, tahap optimasi bisa dimulai sejak Anda membuat deskripsi halaman dan meta title website.

Baca Juga: Hebat! Penyandang Disabilitas Klaten Pasarkan Produk dengan Website



Pastikan metadata terlihat pada konten website Anda. Buatlah meta title sesingkat mungkin, tidak lebih dari 60 karakter. Pastikan gunakan semua kata kunci yang sesuai dengan tujuan website Anda.

Demikian informasi seputar cara membuat website toko online yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya