SOLOPOS.COM - Penangkaran burung jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022). Johar, salah satu penangkar di Kampung Jalak menjelaskan jenis burung berdasarkan usianya. (Solopos.com/Fahmi Ghiffari).

Solopos.com, Klaten — Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid-19. Penjualan burung jalak dinilai masih stabil.

Pemilik usaha penangkaran burung jalak di Krakitan, Kecamatan Bayat, Wagiyem, mengatakan penjualan burung di tempat usahanya terhitung masih stabil di tengah pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah masih stabil. Selama pandemi, minat belinya juga masih tinggi. Banyak yang di rumah. Orang yang hobi memelihara burung jadi tambah banyak juga,” kata Wagiyem saat ditemui Solopos.com, Kamis (26/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan tempat usahanya sudah berjalan lebih kurang selama tujuh tahun. Selain jalak suren, ia juga mengembangkan jalak putih dan jalak bali. Di antara ketiga jenis burung tersebut, jalak suren merupakan jenis yang paling banyak diminati.

“Harga jualnya variatif, tergantung umur. Kalau anakan yang baru menetas jenis jalak suren harganya Rp120.000, jalak putih senilai Rp150.000. Usia 12 hari di kisaran Rp300.000 sampai Rp350.000 per pasang,” kata Wagiyem.

Baca Juga: Asal Mula Mitos Jalak Gading Bantu Pendaki Tersesat di Gunung Lawu

Meski penjualan masih stabil, dirinya sempat kebingungan memikirkan harga pakan ternak. Hingga sekarang masih mengalami kenaikan harga.

“Harga pakan naik terus, jangkrik sama ulat jerman juga naik,” kata Wagiyem.

Johar, suami Wagiyem, mengatakan peminat burung jalak tidak hanya berada di wilayah Klaten saja. Pembeli burung di tempat usahanya tidak hanya perorangan melainkan juga pemborong.

Baca Juga: Dukuh Nglebak Klaten Kini Moncer Jadi Kampung Jalak Suren

“Ibaratnya sudah tinggal menunggu untuk diambil burungnya,” kata Johar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya