SOLOPOS.COM - Kompetisi Renang lintas benua yang dimulai di Turki. (BBC)

Solopos.com, ISTANBUL -- Di antara banyak agenda olahraga yang dibatalkan karena pandemi Covid-19, kompetisi renang lintas benuadi Istanbul, Turki, terus berlanjut. Perlombaan ini diikuti ratusan orang dan disponsori oleh perusahaan besar asal Korea Selatan, Samsung.

Ini Ukuran Payudara Wanita di Setiap Negara, Mana Terkecil & Terbesar?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ratusan peserta ikut serta dalam perlombaan renang lintas benua Samsung Bosphorus ke 32. Acara ini dianggap sebagai salah satu perlombaan renang air terbaik di dunia, dan satu-satunya kontes renang antar benua.

Perlombaan ini pertama kali diselenggarakan pada 23 Juni 1989 dan kini menjadi salah satu tradisi olahraga warga Turki. Acara ini diselenggarakan oleh Turkish Olympic Committee dan disponsori oleh Samsung.

Saat pertama kali diselenggarakan, kompetisi ini hanya diikuti oleh 64 peserta pria dan empat peserta wanita. Kompetisi olahraga ini menjadi berskala internasional di tahun 1992, saat 22 perenang dari Cekoslowakia dan dua perenang dari Amerika Serikat berpartispasi.

Sedangkan rekor untuk kompetisi ini dipecahkan di tahun 2006 oleh Alisan Alsli, seorang pria Turki, dan kategori wanita dipecahkan pleh Beren Kayrak.

Sedimen Sudah Jadi "Pulau", Sungai Mungkung Sragen Cuma Dikeruk Sepanjang 150 Meter

Lomba Dimulai

Untuk tahun ini, start lomba dimulai dari distrik Kanlica Istanbul, yang terletak disisi kota Benua Asia, dan berakhir di distrik Kurucesme, sisi Benua Eropa. Dilansir dari BBC Senin (24/8/2020), menurut Hurriyet Daily News, lomba renang lintas benua ini diikuti oleh 1765 peserta dari 59 negara, dan lintasan renang sepanjang 6,5 km.

Kompetisi ini awalnya akan berlangsung pada 12 Juli, tetapi harus ditunda hingga 23 Agustus karena pandemi. Pada saat kompetisi ini berlangsung, Selat Bosphorus yang biasanya ramai oleh kapal ferry ditutup. Penutupan berlaku untuk seluruh lalu lintas maritim baik lokal maupun internasional.

Panitia juga menjamin keselamatan para perenang dengan memberikan pengarahan dan protokol yang harus dipatuhi. Beberapa protokol peraturan lomba juga ditambahkan karena situasi saat ini, seperti para peserta lomba wajib mengenakan masker sebelum berangkat dan selama upacara penghargaan.

Mantu Jokowi Bobby Nasution Ikut Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penonton tidak diizinkan untuk hadir. Peraturan ini bukan tanpa alasan, karena menurut Universitas Jhon Hopkins, Turki telah mencatat lebih dai 258.000 kasus covid-19, dengan 6121 kematian.

Indah Pranataning Tyas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya