Pandemi Covid-19, Ini Kiat Berobat Aman di Rumah Sakit
Ilustrasi rumah sakit dengan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi virus corona jenis baru belum berakhir dan memicu kekhawatiran pasien yang tidak terinfeksi Covid-19. Bahkan rasa tidak aman menggelanyuti mereka tatkala harus berobat ke rumah sakit.

Sampai-sampai ada pasien yang mengalami sakit asam lambung hingga penyakit lebih serius yang mendapatkan penolakan dari tenaga medis di rumah sakit. Pangkal penolakan itu umumnya diawali kekhawatiran mereka pasien yang semula tidak terpapar virus corona berpotensi tertular Covid-19. 

Berikut ini tips jitu yang bisa dilakukan orang-orang yang ingin berobat di masa pandemi namun terhambat risiko tertular virus corona pemicu Covid-19:

Ramalan Bintang 2021: Apakah Zodiakmu Beruntung?

1. Berobat via Online

Cobalah lakukan konsultasi via online untuk berbincang dengan dokter. Maksimalkan peran telemedicine untuk berkomunikasi dengan perawat atau dokter melalui telepon dan email.

2. Lakukan Screening Pribadi

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, apabila Anda ingin berobat ke rumah sakit. Terlebih dahulu, lakukan screening diri sendiri seperti swab PCR.

Di tengah pandemi ini, segala gejala yang muncul seperti, batuk, radang saluran pernapasan, dan diare, dicurigai sebagai gejala Covid-19. Maka sebaiknya lakukan screening pribadi sebelum berobat ke rumah sakit.

3. Berobat ke Rumah Sakit

Lebih baik melakukan registrasi online. Pasien yang masuk ke rumah sakit melalui registrasi online diharuskan mengisi kajian mandiri terkait Covid-19. Apabila pasien terindikasi gejala Covid-19 langsung diarahkan ke triase rawat jalan Covid-19. Apaila pasien dengan hasil asesment tidak terkait dengan Covid-19 tetap melalui proses screening.

Saat berobat di rumah sakit, maka sebaiknya gunakan pelindung diri yang maksimal seperti masker dan tetaplah menjaga jarak dengan orang yang ada di sekitar Anda. Hindari menyentuh wajah, meskipun muncul keringat ataupun rasa gatal saat mengenakan masker. Jangan menyentuh mata, hidung, mulut, dan masker Anda.

4. Hindari Uang Cash

Saat membayar biaya rumah sakit, maka hindari penggunaan uang tunai. Apabila hanya memiliki uang tunai, maka bersihkan kembali tangan dan lengan Anda seusai menyentuh permukaan benda.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Berita Terkini Lainnya








Kolom