Tutup Iklan
Pandemi Covid-19 Bikin Cemas? Waspadai 4 Gangguan Ini!
Ilustrasi orang yang mengalami srtes. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pandemi Covid-19 bisa menimbulkan rasa cemas terhadap sebagian orang. Rasa cemas di tengah pandemi Covid-19 bisa pula menimbulkan gangguan fisik maupun mental.

Masalah-masalah baru muncul seiring dengan pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai. Banyak orang bersedih karena kehilangan pekerjaan hingga kebutuhan keluarga yang melonjak karena si anak membutuhkan piranti yang cukup untuk belajar dari rumah.

Artis VS Ditangkap terkait Dugaan Prostitusi, Ada Bukti Uang & Transfer Rp30 Juta

Gangguan kecemasan dapat pula membuat pasien pengidap gastroesophageal reflux disease (GERD) semakin parah. GERD merupakan penyakit kronis pada sistem pencernaan.

"Stres bisa memicu produksi asam lambung, seperti stres karena Covid-19. Termasuk pada pasien gangguan kecemasan yang bisa timbulkan peluang kekambuhan dan memperparah gejala GERD," terang Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP di Instagram Live @guesehat seperti yang dikutip dari Okezone, Selasa (30/7/2020)

Berikut gangguan akibat kecemasan selama pandemi Covid-19:

Sulit Berkonsentrasi

Kesulitan dalam berkonsentrasi dan kurang fokus merupakan salah satu gejala umum yang muncul dari kondisi kesehatan mental. Jika terjadi kecemasan, yang dapat dilakukan mungkin membutuhkan konsentrasi yang tinggi supaya terfokus pada tugas yang sedang dikerjakan.

Di Tengah Pandemi, China Resmikan Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia

Tubuh Gemetar

Gangguan kecemasan yang bisa dipicu karena pandemi Covid-19 lainnya adalah adanya efek gemetar pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh pikiran yang cemas dan gelisah. Bahkan dapat terjadi saat memegang suatu benda, tangan bisa saja tiba-tiba gemetar.

Gampang Terkejut

Institut Kesehatan Mental Nasional mengungkapkan bahwa seseorang dapat dengan mudah terkejut oleh hal yang kecil sekalipun jika mengalami gangguan kecemasan sosial. Bahkan, dapat pula ia terkejut hanya karena mendengar suara ketukan pintu.

Sistem Pencernaan Terganggu

Jika Anda merasakan sembelit, tidak nafsu makan, hingga perut mual, mungkin Anda sedang mengalami kecemasan. Hal-hal itu merupakan tanda fisik dari gangguan kecemasan. Sebaiknya Anda mengatur emosi supaya dapat menurunkan tingkat kecemasan pada diri Anda. Efek yang didapat dari menurunkan tingkat kecemasan yaitu memperlancar sistem pencernaan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho