Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Peran Sosial Persis Solo Dinanti

Persis Solo memiliki puluhan ribu fans loyal yang dapat diajak bekerja sama untuk melawan pandemi Covid-19.

 Jajaran direksi Persis Solo yakni Kaesang Pangarep (tengah), Kevin Nugroho (kiri) dan Mahendra Agakhan Thohir berfoto usai pengenalan manajemen baru klub di Stadion Manahan, Solo, 20 Maret 2021 lalu. Di bawah Kaesang dkk., Persis diharapkan memiliki banyak program positif untuk membantu warga di masa pandemi Covid-19.  (Istimewa/Twitter Kaesang Pangarep)

SOLOPOS.COM - Jajaran direksi Persis Solo yakni Kaesang Pangarep (tengah), Kevin Nugroho (kiri) dan Mahendra Agakhan Thohir berfoto usai pengenalan manajemen baru klub di Stadion Manahan, Solo, 20 Maret 2021 lalu. Di bawah Kaesang dkk., Persis diharapkan memiliki banyak program positif untuk membantu warga di masa pandemi Covid-19. (Istimewa/Twitter Kaesang Pangarep)

Solopos.com, SOLO—Lonjakan kasus Covid-19 di Soloraya belakangan ini tak hanya mencuatkan kisah pilu. Di tengah gelombang pandemi, sejumlah komunitas dan elemen masyarakat bahu membahu meringankan beban sesama lewat berbagai aksi solidaritas.

Kontribusi Persis Solo untuk lingkungan pun dinanti mengingat mereka punya modal untuk melakukan gerakan sosial. Secara finansial, Persis di bawah Kaesang Pangarep tumbuh menjadi klub yang sehat. Hal itu dibuktikan dengan kedatangan sejumlah pemain papan atas musim ini.

Laskar Sambernyawa juga memiliki puluhan ribu fans loyal yang dapat diajak bekerja sama untuk melawan pandemi Covid-19. Tokoh Pasoepati Kuda Hitam Laweyan, Gatot Castano, menilai sudah saatnya Persis tak hanya membikin gerakan moral seperti kampanye taat protokol kesehatan.

Baca Juga: Picu Kontroversi, Olimpiade Tokyo 2020 Tetap Bagikan Kondom kepada Atlet

“Di tengah kasus corona yang terus melonjak dan ekonomi masyarakat yang semakin terhimpit, ini saatnya Persis berkontribusi nyata untuk masyarakat Solo lewat aksi sosial,” ujar Gatot saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (13/7/2021).

Gatot menyebut banyak cara yang dapat dilakukan klub untuk ikut berpartisipasi meringankan beban masyarakat. Menurut dia, melelang jersey pemain dapat dilakukan untuk menggalang donasi bagi warga atau suporter Persis yang terdampak Covid-19. Para pemain, imbuhnya, juga dapat berkontribusi dengan menyisihkan sebagian gaji untuk kepentingan sosial.

“Tanpa itu pun saya pikir manajemen sudah punya dana cukup untuk membuat program. Mereka bisa membagikan sembako, membantu pengadaan APD untuk tenaga kesehatan atau memberi tali asih bagi sukarelawan seperti penggali makam. Persis akan lebih berarti di hati masyarakat bila peduli dengan kesulitan warga,” ujar mantan Menteri Luar Negeri Pasoepati itu.

Baca Juga: Perayaan Italia Juara Piala Eropa 2020 Telan Korban Jiwa

Kolaborasi

Pentolan Pasoepati, M. Badres, menilai Persis dapat berkolaborasi dengan kelompok suporter dan Pemkot Solo untuk membuat program vaksinasi gratis untuk suporter. Dia meyakini program tersebut bakal disambut antusias mengingat saat ini warga tengah getol mencari vaksin untuk menambah imunitas tubuh.

“Persis bisa mengajak Pasoepati dan Surakartans untuk menyukseskan gerakan. Agar lebih menarik, peserta vaksinasi juga diundi untuk mendapat hadiah seperti jersey atau gala dinner dengan pemain saat kondisi sudah normal. Saya pikir Pemkot juga menyambut baik karena itu selaras dengan program mereka yang ingin menggenjot vaksinasi di Solo,” tutur mantan Menteri Sosial Pasoepati ini.

Sementara itu, Persis Solo mengaku telah mengonsep sebuah kegiatan sosial untuk merespons dampak Covid-19 di Solo dan sekitarnya. Namun manajemen masih enggan membeberkan detail kegiatan tersebut.

Baca Juga: Akhirnya Raih Trofi Bersama Argentina, Lionel Messi Persembahkan untuk Diego Maradona

“Sedang diagendakan oleh manajemen. Detailnya akan segera disiarkan begitu sudah siap,” ujar Media Officer Persis, Bryan Barcelona.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Jadwal Liga 1 Hari Ini: Persela vs Persita, Borneo FC vs Barito Putera, Persikabo vs Persik

Laga pembuka Liga 1 akhir pekan ini dibuka oleh Persela Lamongan vs Persita Tangerang di Stadion Pakansari Cibinong.

Indonesia Turun ke Urutan 175 Peringkat FIFA Terbaru

Di Asia Tenggara, Indonesia berada di bawah Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia,  dan Singapura.

Persis Solo Tim Unggulan Liga 2, Eko Purdjianto Ingatkan Pantang Jemawa

Eko Purdjianto mengingatkan seluruh tim di Grup C punya potensi menyulitkan apabila tim tidak wawas diri.  

Liga 2 Kick-off 26 September 2021, Ini Format Babak Penyisihan Grup

Liga 2 2021 akan memakai format double round-robin. Masing-masing tim akan bermain sebanyak 10 kali dalam fase grup ini.

Pasoepati Tak Sabar Saksikan Duel Persis Solo vs PSIM Jogja

Persis Solo dua kali mencundangi PSIM Jogja pada fase grup Liga 2 2019.

Derbi Mataram di Liga 2, Kisah Kelam Persis Solo vs PSIM Jogja Jangan Terulang Lagi

Derbi Mataram berakhir kelam saat Persis Solo melawat ke markas PSIM Jogja dalam ajang Liga 2 pada 21 Oktober 2019.

Tidak Ada Nama AHHA PS Pati FC dalam Daftar Kontestan Liga 2

PT Liga Indonesia Baru memilih menggunakan PSG Pati sesuai hasil Kongres Tahunan PSSI 2021.

Breaking News! Persis Solo Tuan Rumah Liga 2, Segrup dengan PSG Pati dan PSIM Jogja

Persis Solo menjadi salah satu tuan rumah penyisihan grup Liga 2 dan tergabung dengan tim-tim dari Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Jelang IBL 2022, The Saints USKW Salatiga Ganti Pelatih

Tim bola basket Satya Wacana Saints Salatiga (SWSS) mengganti posisi head coach, atau pelatih kepala dari Efri Meldi kepada Jerry Lolowang.

Klasemen Liga Champions Grup A-D setelah Laga Semalam

Kemenangan besar diraih Manchester City dan Ajax Amsterdam pada laga dini hari tadi.

Jelang Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi  Mengaku Paranoid

Valentino Rossi akan menunggangi motor Yamaha-nya untuk kali terakhir pada GP Valencia 2021.

Hasil Liga Champions Semalam: Manchester City, Liverpool, dan Real Madrid Menang, PSG Imbang

Manchester City berpesta enam gol 6-3 saat menjamu wakil Jerman, RB Leipzig, di Etihad Stadium pada laga perdana Grup A.

Tentukan Tuan Rumah Liga 2, PSSI-PT LIB Gelar Pertemuan

PSSI akan melakukan verifikasi stadion bagi klub yang mengajukan diri sebagai tuan rumah babak penyisihan Liga 2.

PSMS Medan Legawa Jika Stadion Teladan Tak Terpilih Jadi Venue Liga 2

 PSMS Medan masih menyelesaikan perbaikan rumput dan lampu di Stadion Teladan.

IBL Tambah Jadi 16 Tim, Ada Klub Milik Artis Raffi Ahmad

Jika musim sebelumnya klub IBL hanya tersebar di delapan kota (12 tim), kini ada 12 kota dengan 16 tim yang akan menyemarakkan kompetisi.