Pandemi Covid-19, 2 Perusahaan di Wonogiri Ini Malah Buka Lowongan Kerja
Ilustrasi lowongan pekerjaan

Solopos.com, WONOGIRI -- Dua perusahaan di Wonogiri ini membuka lowongan kerja untuk menjadi karyawan di perusahaannya. Keduanya merupakan parusahaan tekstil.

Di saat beberapa perusahaan memberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya, PT. Nesia Pan Pacific Clothin dan PT. Bandung Indah Gemilang di Wonogiri justru membuka lowongan kerja (loker).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Wonogiri, Ristanti, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (11/9/2020). Menurut dia, setiap perusahaan yang akan membuka loker diharuskan untuk melaporkan kepada Disnakertrans.

Rapid Test Massal di Sukoharjo Sasar 500 ASN dan Warga

Ristanti mengatakan, PT. Nesia Pan Pacific Clothing membuka loker karena berdasarkan jaringan atau grupnya, perusahaan di Wonogiri menjadi yang utama atau yang paling diperhatikan.

"Perusahaan tersebut kan mempunyai cabang di berbagai tempat. Nah, menurut informasi yang saya peroleh, perusahaannya di Wonogiri ini menjadi unggulan. Bahan yang akan digarap paling banyak disetorkan ke pabrik Wonogiri dahulu," ujar dia.

Di sisi lain, menurut Ristanti, mungkin upah minimal kerja [UMK] di Wonogiri juga cukup rendah dibanding daerah lain. Sehingga perusahaan tersebut membuka lokernya di Wonogiri.

Ristanti menambahkan, saat ini di perusahaan tersebut tengah membuat gedung atau kawasan baru. Hal itu juga menjadikan alasan perusahaan tersebut membuka loker. Kini perusahaan tersebut tengah membutuhkan karyawan 4.000 orang.

"Saat ini sudah proses rekrutmen, namun yang diambil pekerja yang mempunyai kompeten. Kebanyakan yang direkrut orang yang lulus dari pelatihan balai pelatihan kerja [BLK]. Prosesnya bertahap, tidak langsung 4.000 diseleksi semua" kata Ristanti.

Perusahaan Baru

Sementara itu, PT. Bandung Indah Gemilang membuka loker karena perusahaan tersebut baru di Wonogiri. Sehingga membutuhkan karyawan.

Ristanti mangatakan, perusahaan tersebut telah merekrut 150 orang. Saat ini pendaftaran masih berlangsung, dilakukan secara bertahap. Dimungkinkan hingga ribuan pekerja yang bakal ditekrut. Karena rencananya, sebagian pekerjaan di perusahaan Bandung akan dipindah ke Wonogiri.

PSBB Segera Diterapkan di Jakarta, Bagaimana Kereta Api dan Pesawat dari Solo?

"Ya kami mengapresisi perusahaan yang masih membuka loker di tengah pendemi Covid-19. Karena bisa memfasilitasi warga Wonogiri yang ter-PHK maupun warga yang baru saja lulus dari sekolah," kata Ristanti.

PT. Nesia Pan Pacific Clothing merupakan perusahaan yang memproduksi baju atau pakaian. Sedangkan PT. Bandung Indah Gemilang merupakan perusahaan yang memproduksi sprei, gorden dan sejenisnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom