Pandemi Corona, 4,8 Juta Warga Jateng Nikmati Listrik Gratis 3 Bulan
Logo PLN. (Solopos-Dok.)

Solopos.com, SEMARANG – Sekitar 4.866.659 pelanggan listrik di Jawa Tengah (Jateng) bakal mendapat layanan gratis selama tiga bulan. Tagihan listrik mereka selama bulan April, Mei, dan Juni 2020 akan digratiskan.

Kebijakan ini menyusul keputusan pemerintah yang memberikan layanan listrik gratis bagi pelanggan daya 450 volt ampere (VA).

Sementara bagi pelanggan listirik daya 900 VA akan mendapat keringanan atau diskon 50% selama tiga bulan.

Canggih! Aplikasi Situs Corona Jateng Bisa Deteksi ODP di Sekitarmu Radius 500 Meter 

"Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelangan 900 VA ini sudah dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan tersebut," tutur Dirut PLN, Zulkifli Zaini, dalam keterangan resmi, Selasa (1/4/2020).

Zulkifli berharap kebijakan diskon hingga layanan listrik gratis itu bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi global virus corona atau Covid-19.

Akibat pandemi Covid-19, perekonomian di Indonesia lesu. Berbagai industri pun stagnan karena khawatir persebaran virus corona semakin meluas.

Sosok Ini Sebut Corona Mewabah Karena Habib Rizieq Dilarang Pulang 

"Saat ini masyarakat diimbau tetap di rumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya agar penularan tidak meluas. Pembebasan dan diskon tarif listrik diharap dapat mendukung hal itu. Jadi masyarakat, terutama yang kurang mampu tidak perlu khawatir menggunakan listrik," ujar Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan total ada sekitar 24 juta pelanggan di Indonesia yang menikmati listrik dengan daya 450 VA. Artinya, 24 juta pelanggan itu bakal mendapat layanan listrik gratis selama tiga bulan. Sementara, pelanggan daya 900 VA mencapai 7 juta.

Listrik Gratis

Sementara itu, Manajer Humas PLN Unit Distribusi Jawa Tengah dan DIY (DJTY), Haris, mengaku siap menjalankan kebijakan pemerintah itu.

Istana: Pemerintah Putuskan Mudik Tidak Dilarang 

"Untuk implementasinya kami masih menunggu kebijakan dari pusat," tutur Haris.

Haris menyebutkan saat ini ada sekitar 4.866.659 pelanggan listrik daya 450 VA di Jateng. Sedangkan di Yogyakarta mencapai 1.120.691 pelanggan.

Sementara untuk pelanggan daya 900 VA di Jateng mencapai 450.715 orang dan 119.536 pelanggan daya 900 VA di Yogyakarta.

Pasien Positif Covid-19 Purwokerto Meninggal setelah Rapat di Solo 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho