SOLOPOS.COM - Panda raksasa Jia Jia pada 9 Juli 2015 di Kebun Binatang Ocean Park, Hong Kong. (JIBI/Solopos/Reuters/Tyrone Siu)

Panda raksasa lucu bernama Jia-Jia akhirnya disuntik mati.

Solopos.com, BEIJING –– Jia-Jia panda tertua dan jug berukuran raksasa di dunia akhirnya disuntik mati atau eutanasia. Jia-jia merupakan panda raksasa seberat 67 kilogram (kg) dan berusia 38 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kantor Berita Reuters, Senin (17/10/2016) melaporkan Jia-Jia selama ini tinggal di Ocean Park Hong Kong. Dalam dua pekan terakhir panda Jia-jia yang berarti “baik” ini memburuk kesehatannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Suntik mati terhadap panda Jia-jia dilakukan Minggu (16/10/2016) waktu setempat. Dalam dua pekan terakhir konsumsi makan panda Jia-Jia turun dari 10 kg menjadi 3 kg setiap harinya. Berat badannya menyusut dari 71 kg menjadi 67 kg.

Jia-Jia diberikan ke pemerintah Tiongkok ke Hong Kong pada 1999. “Dalam beberapa hari terakhir, panda Jia-Jia tak tertarik pada makanan dan cairan. Keadaannya makin memburuk Minggu pagi ini. Jia-Jia tak sanggup berjalan dan menghabiskan harinya dengan berbaring. Keadaannya menjadi sangat lemah sehingga berdasarkan alasan etis dan agar dia tak lagi menderita, tim dokter hewan sepakat menjalani eutanasia untuk Jia-Jia,” kata Ocean Park dalam situs resminya.

Panda telah ditetapkan sebagai binatang yang terancam punah. Habitat panda mengalami kerusakan karena pembalakan, pertanian, dan pembangunan.

Pemerintah Tiongkok pada 2014 melakukan survei yang menunjukkan sebanyak 1.864 panda hidup di alam liar. Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2003.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya