Tutup Iklan

Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong.

 Ilustrasi membersihkan panci gosong. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan panci gosong. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika mengalami insiden panci gosong jangan buru-buru dibuang atau menyerah lantaran ada cara mudah untuk membersihkannya. Ya, kamu tak perlu membeli sabun cuci berliter-liter untuk membersihkan peralatan memasak tersebut.

Namun karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong. Apalagi jika peralatan memasak tersebut merupakan peralatan memasak kesayangan. Nah, setelah membaca tips ini kamu bisa praktikkan, tak perlu harus bersusah payah untuk membuat peralatan memasakmu kembali bersih berkilau.

Berikut ini cara membersihkan panci gosong seperti dikutip dari lemonilo.com pada Rabu (27/10/2021):

1. Mengaliri Panci dengan Air Panas

Cara pertama untuk membersihkan panci gosong adalah dengan memakai air panas. Kalau kamu memiliki panci berbahan stainless kamu bisa menggunakan air panas untuk membantu menyingkirkan kerak gosong yang menempel pada panci. Caranya cukup mudah, panaskan panci yang gosong tersebut di atas kompor selama beberapa menit, lalu ketika panci sudah cukup panas, alirkan air panas ke permukaannya hingga terdengar suara air mendesis.

Baca Juga: Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Pada saat itulah, oleskan juga sedikit sabun cuci ke permukaan panci. Lalu gunakan sendok kayu untuk membuang noda kerak akibat terbakar. Cara ini tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket atau teflon.

2. Memanfaatkan Air Cuka

Sama seperti cara di atas, panaskan panci dan ketika dirasa cukup panas, aliri permukaannya, terutama di bagian yang gosong dengan menggunakan semangkuk air cuka. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok menggunakan spatula berbahan kayu untuk menyingkirkan area panci yang terkena kerak gosong. Namun, cara ini juga tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket.

3. Merendam Panci di Air Sabun

Caranya oleskan sabun cuci piring terlebih dahulu ke panci gosong untuk membantu proses pengangkatan noda lebih cepat. Kemudian rendam panci atau wajan yang gosong di dalam air mendidih selama beberapa jam bahkan semalam penuh.

Baca Juga: Selain Hipoglikemia, Dorce Gamalama Juga Idap Penyakit Ini

Setelah direndam, buang air rendaman tadi dan alirkan air hangat ke permukaan panci. Sikat panci yang gosong menggunakan scrub berbahan nilon untuk menghilangkan noda kerak yang membandel.

4. Menyikat Panci dengan Bantuan Baking Soda

Cara yang ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda gosong yang menempel pada panci kesayangan kamu. Buatlah gumpalan pasta dari baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air hangat, lalu gunakan sikat untuk menyikat area panci yang gosong.

Sikat hingga noda gosong benar-benar bisa terkikis secara menyeluruh. Kemudian bilas dengan menggunakan hangat ketika noda telah hilang sempurna.

Baca Juga: Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

5. Menggunakan Dryer Sheet Sebagai Scrubber

Dryer sheet atau lembar pengering juga bisa kamu gunakan untuk membuang noda kerak gosong yang menempel pada panci, atau wajan yang telah digunakan untuk memasak. Caranya sangat mudah, rendam panci menggunakan air hangat, lalu letakkan selembar dryer sheet hingga ke bagian dasar panci. Setelah itu, biarkan beberapa jam hingga lembar pengering ini melonggar dan bisa dijadikan sebagai scrub untuk membersihkan noda kerak.

6. Menggunakan Minuman Bersoda

Cara membersihkan panci gosong yang terakhir adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Untuk panci aluminium, kamu bisa menggunakan minuman bersoda seperti Fanta dan Coca Cola. Caranya tuangkan sedikit minuman bersoda ke dalam panci gosong. Kemudian, panaskan di kompor menggunakan api kecil. Setelah itu coba bersihkan pancinya dengan cara digosok-gosok menggunakan spatula.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa Agar Dijauhkan Dari Penyakit Ain yang Muncul dari Pandangan Mata

Berikut doa yang dapat dipanjatkan agar dijauhkan dari penyakit ain.

Bernapas Melalui Mulut dapat Memengaruhi Bentuk Wajah Manusia?

Selain udara jadi tidak tersaring dengan bulu-bulu hidung, bernapas melalui mulut ternyata juga dapat menyebabkan perubahan pada bentuk wajah.

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.