Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong.

 Ilustrasi membersihkan panci gosong. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan panci gosong. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika mengalami insiden panci gosong jangan buru-buru dibuang atau menyerah lantaran ada cara mudah untuk membersihkannya. Ya, kamu tak perlu membeli sabun cuci berliter-liter untuk membersihkan peralatan memasak tersebut.

Namun karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong. Apalagi jika peralatan memasak tersebut merupakan peralatan memasak kesayangan. Nah, setelah membaca tips ini kamu bisa praktikkan, tak perlu harus bersusah payah untuk membuat peralatan memasakmu kembali bersih berkilau.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Berikut ini cara membersihkan panci gosong seperti dikutip dari lemonilo.com pada Rabu (27/10/2021):

1. Mengaliri Panci dengan Air Panas

Cara pertama untuk membersihkan panci gosong adalah dengan memakai air panas. Kalau kamu memiliki panci berbahan stainless kamu bisa menggunakan air panas untuk membantu menyingkirkan kerak gosong yang menempel pada panci. Caranya cukup mudah, panaskan panci yang gosong tersebut di atas kompor selama beberapa menit, lalu ketika panci sudah cukup panas, alirkan air panas ke permukaannya hingga terdengar suara air mendesis.

Baca Juga: Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Pada saat itulah, oleskan juga sedikit sabun cuci ke permukaan panci. Lalu gunakan sendok kayu untuk membuang noda kerak akibat terbakar. Cara ini tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket atau teflon.

2. Memanfaatkan Air Cuka

Sama seperti cara di atas, panaskan panci dan ketika dirasa cukup panas, aliri permukaannya, terutama di bagian yang gosong dengan menggunakan semangkuk air cuka. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok menggunakan spatula berbahan kayu untuk menyingkirkan area panci yang terkena kerak gosong. Namun, cara ini juga tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket.

3. Merendam Panci di Air Sabun

Caranya oleskan sabun cuci piring terlebih dahulu ke panci gosong untuk membantu proses pengangkatan noda lebih cepat. Kemudian rendam panci atau wajan yang gosong di dalam air mendidih selama beberapa jam bahkan semalam penuh.

Baca Juga: Selain Hipoglikemia, Dorce Gamalama Juga Idap Penyakit Ini

Setelah direndam, buang air rendaman tadi dan alirkan air hangat ke permukaan panci. Sikat panci yang gosong menggunakan scrub berbahan nilon untuk menghilangkan noda kerak yang membandel.

4. Menyikat Panci dengan Bantuan Baking Soda

Cara yang ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda gosong yang menempel pada panci kesayangan kamu. Buatlah gumpalan pasta dari baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air hangat, lalu gunakan sikat untuk menyikat area panci yang gosong.

Sikat hingga noda gosong benar-benar bisa terkikis secara menyeluruh. Kemudian bilas dengan menggunakan hangat ketika noda telah hilang sempurna.

Baca Juga: Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

5. Menggunakan Dryer Sheet Sebagai Scrubber

Dryer sheet atau lembar pengering juga bisa kamu gunakan untuk membuang noda kerak gosong yang menempel pada panci, atau wajan yang telah digunakan untuk memasak. Caranya sangat mudah, rendam panci menggunakan air hangat, lalu letakkan selembar dryer sheet hingga ke bagian dasar panci. Setelah itu, biarkan beberapa jam hingga lembar pengering ini melonggar dan bisa dijadikan sebagai scrub untuk membersihkan noda kerak.

6. Menggunakan Minuman Bersoda

Cara membersihkan panci gosong yang terakhir adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Untuk panci aluminium, kamu bisa menggunakan minuman bersoda seperti Fanta dan Coca Cola. Caranya tuangkan sedikit minuman bersoda ke dalam panci gosong. Kemudian, panaskan di kompor menggunakan api kecil. Setelah itu coba bersihkan pancinya dengan cara digosok-gosok menggunakan spatula.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Arti Mimpi Terkait Bom Tak Selalu Mengerikan

      Berikut ini sejumlah arti mimpi terkait bom.

      Ini Manfaat Cermin di Dalam Lift

      Ternyata, penempatan cermin di dalam lift memang ada tujuan dan manfaatnya lho!

      Awas! Oral Seks Berbahaya

      Setelah mengetahui oral seks berbahaya lantaran bisa menularkan berbagai penyakit, ketahui bagaimana cara melakukan aktivitas ini yang aman dengan pasangan.

      Tanaman Unik Pemakan Serangga, Kantung Semar Terancam Perdagangan Liar

      Populasi tumbuhan karnivora nepenthes atau yang lebih dikenal dengan sebutan kantung semar terancam perdagangan liar.

      Pilih Jenis Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhanmu!

      Jenis asuransi kesehatan selayaknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tak memicu masalah di kemudian hari.

      Biaya Operasi Tulang Bisa Bikin Kaget, Tapi Bisa Ditanggung BPJS Hlo!

      Biaya operasi tulang bukanlah hal yang murah dan ini menjadi penting untuk menjadi peserta asuransi kesehatan.

      Apakah Menggelar Pesta Pernikahan Wajib? Begini Hukumnya Menurut Islam

      Apakah menggelar pesta pernikahan wajib dilakukan? Berikut ini hukumnya menurut Islam dari pandangan Nahdlatul Ulama, NU online.

      Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Desember 2022, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

      Berikut ini terdapat jadwal puasa ayyamul bidh pada Desember 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriah.

      Arti Mimpi Menonton TV Mengandung Pesan Penting

      Berikut ini arti mimpi terkait menonton televisi.

      Meski Berisiko, Kenali Manfaat Berhubungan Seks saat Haid

      Berhubungan seks saat haid memang masih menjadi kontroversi lantaran ada risiko mengintai dan di satu sisi justru memberikan manfaat.

      Ilmuwan Ciptakan Alat Pendeteksi Kelainan Suara Kentut

      Para ilmuwan telah menciptakan sebuah mesin yang akan mengenali dan menganalisis suara kentut, urine dan feses yang dikeluarkan seseorang.

      Mengenal Upacara Tumplak Punjen Seperti dalam Pernikahan Kaesang-Erina

      Sebelum mengenal tumplak punjen, ketahui terlebih dahulu bahwa sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga mengadakan upacara ini.

      Hukum Datang Telat Salat Jumat Menurut Pandangan NU

      Berikut ini terdapat penjelasan dari NU online terkait hukum datang telat salat Jumat. Apakah harus salat zuhur?

      Makna Ngunduh Mantu Kaesang & Erina, Prosesi Sakral Pernikahan Adat Jawa

      Ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar mengikuti tata cara adat yang sakral dan penuh makna.

      Arti Batik Parang Lereng yang Dilarang Dipakai di Tasyakuran Kaesang-Erina

      Dilarang digunakan saat acara tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina, apa arti motif batik parang lereng?

      Doa agar Terhindar dari Bencana Alam Banjir, Gempa Bumi hingga Gunung Meletus

      Berikut ini terdapat doa agar terhindar dari bencana alam banjir, gempa bumi, hingga gunung meletus menurut Islam.