SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung sedang menyentuh Rusa koleksi Gembira Loka Zoo, Rabu (15/5/2013). Untuk menjamin kesehatan satwa Gembira Loka Zoo terus mengintensifkan pemeriksaan kesehatan satwa terutama saat pancaroba. (Harian Jogja/JIBI/Sumadiyono)

Seorang pengunjung sedang menyentuh Rusa koleksi Gembira Loka Zoo, Rabu (15/5/2013). Untuk menjamin kesehatan satwa, Gembira Loka Zoo terus mengintensifkan pemeriksaan kesehatan satwa terutama saat pancaroba. (Harian Jogja/JIBI/Sumadiyono)

JOGJA—Pergantian musim rentan memicu penyakit pada satwa. Untuk mengantisipasi hal itu, Gembira Loka Zoo makin intensif memantau kesehatan satwa koleksinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Marketing Gembira Loka Zoo, Josep Kurniawan mengatakan pantauan kesehatan dilakukan oleh tim dokter satwa. Tim memeriksa semua koleksi yang dimiliki termasuk kebersihan kandang.

“Sebenarnya pemeriksaan di lakukan rutin. Namun karena pergantian musim, maka pemantauan lebih intensif dan lebih teliti. Karena berubah musim, hewan mudah sakit,” ujar dia kepada Harian Jogja, Rabu (15/5/2013).

Menurut Josep, pengecekan dilakukan dengan melihat perilaku satwa. Observasi ini diperlukan untuk membandingkan aktivitas satwa saat diperiksa dengan sebelum diperiksa.

Jika tetap aktif dan fit, maka satwa hanya diberi suplemen makanan berupa vitamin. Pemberiannya dicampur ke dalam makanan rutin.

“Jika ada indikasi berbeda pada tubuh, misalnya menjadi lemas atau tidak aktif maka akan diperiksa kondisi kesehatannya dan segera diberi obat,” imbuh Josep.

Disinggung maraknya kasus flu burung di China, Gembira Loka menyatakan pemantauan kesehatan koleksi unggas di Gembira loka juga rutin dilakukan.

Josep menegaskan Gembira Loka tidak mendatangkan satwa dari China. “Kami tidak ada mendatangkan satwa dari China. Dalam waktu dekat kami akan mendatangkan Jerapah langsung dari Afrika, Penguin dari Afrika dan Flamengo dari Amerika,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya