SOLOPOS.COM - Kebiasaan cuci tangan bisa menghindarkan dari bahaya diare. (google)

Kebiasaan cuci tangan bisa menghindarkan dari bahaya diare. (google)

JAKARTA – Musim pancaroba membuat kondisi daya tahan tubuh seseorang menurun dan lebih cepat terserang diare, sebagaimana dikatakan oleh ahli penyakit dalam dari FKUI-RSCM, Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ari, hal ini disebabkan oleh kemampuan kuman untuk berkembang biak menjadi lebih cepat pada cuaca seperti musim pancaroba.

“Untuk mengantisipasinya, harus pandai-pandai memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi,” ujar Ari pada jumpa pers di auditorium FKUI, Jakarta, Sabtu.

Penting untuk mengetahui apakah makanan atau minuman masih dalam kondisi yang baik, apakah harus jenis makanan tersebut harus dipanaskan kembali.

“Jangan mencampur makanan matang dengan makanan yang masih mentah, karena makanan yang matang bisa terkontaminasi,” kata Ari.

Lebih lanjut Ari mengemukakan, makanan yang sudah terkontaminasi mudah memicu keracunan bagi tubuh, sehingga menyebabkan kesehatan kita terganggu.

“Diare adalah salah satu indikasi terjadinya keracunan makanan, dan bila sampai terjadi demam, berarti sudah terjadi infeksi di dalam tubuh,” imbuh Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya