SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Harga minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional di Kota Solo, Jawa Tengah, masih tergolong tinggi. Pasa Rabu (12/1/2022), rata-rata minyak goreng curah dijual seharga Rp20.000-Rp21.000 liter.

Sidiq, 37, salah satu pedagang di Pasar Sidodadi Solo, mengatakan minyak goreng curah rata-rata dijual Rp20.000/liter hingga Rp21.000/ liter. Padahal dalam kondisi normal harganya berada di kisaran Rp14.000/liter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, harga minyak goreng curah di Pasar Nusukan Solo juga masih cukup tinggi yakni Rp20.000/liter. Namun, tingginya harga minyak goreng di pasar tidak diikuti harga komoditas lainya seperti sayuran rata-rata dijual stabil.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Airlangga Hartarto: Harga Minyak Goreng Ditetapkan Rp14.000 per Liter

Sementara itu, Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Surakarta Training Hartanto membenarkan harga beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional di Solo, tetap stabil. Namun, harga yang masih bertahan tinggi adalah minyak goreng mencapai Rp20.000-Rp21.000/liter.

Menurut dia, tingginya harga komoditas ini dipengaruhi harga harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) di pasar global yang masih tinggi. Hal ini pun berdampak terhadap minyak goreng baik curah maupun kemasan. Harga normal minyak goreng hanya dijual sekitar Rp14.000/liter.

Baca juga: Disdag Sukoharjo Ajukan Pasokan 15.000 Liter Minyak Goreng Murah

Pemkot Surakarta melalui Dinas Perdagangan Kota Surakarta sudah menggelar operasi pasar (OP) sebanyak 5.000 liter di lima kecamatan di Kota Solo, untuk menstabilkan harga. Harga minyak goreng dalam OP dijual Rp14.000/liter.

“Kami kini baru mengajukan lagi ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jateng, untuk kegiatan OP minyak goreng sebanyak 7.500 liter. Kami masih menunggu petunjuk dari pusat soal OP ,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya