Gatot Nurmantyo saat masih menjadi Panglima TNI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2016). (Bisnis-Dwi Prasetya)

Solopos.com, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Taufik Kurniawan, mengaku akan mempertimbangkan siapapun termasuk Jenderal (Purn) Gatot Nurmantiyo sebagai calon presiden dalam Rakernas partai tersebut mendatang.

Menurutnya, PAN membuka peluang komunikasi dengan mantan Panglima TNI tersebut terkait wacana pencapresan. Apalagi, Gatot sudah memasuki masa pensiun sehingga bisa maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Taufik menyebut majunya Gatot menunjukkan demokrasi Indonesia semakin bagus. "Semakin banyak capres-cawapres itu tunjukkan kader-kader dan generasi pemimpin masa depan semakin bagus," ujar Taufik, Senin (2/4/2018).

Taufik mempersilakan siapapun anak bangsa yang ingin mendaftarkan diri menjadi capres, asalkan memenuhi syarat yang ditetapkan dalam pemilu. "Siapapun yang mau maju dalam pilpres sepanjang penuhi kualifikasi dan persyaratan 20% threshold," ujarnya.

Sementara terkait sikap partai, Taufik menuturkan, masih melakukan kajian terkait capres-cawapres yang akan diusung partai berlambang matahari tersebut. Termasuk, dengan partai pendukung dan koalisi. Hasil putusan PAN, kata dia, akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Kita tunggu aja, biasanya tiap partai melakukan keputusan itu secara resmi melalui mekanisme internalnya seperti rakernas Muspimnas, ujarnya. Dia menambahkan bahwa Khusus di PAN semua keputusan strategis partai selalu diputuskan dalam Rakernas.

Selain DPW, DPD, DPP, pilihan capres juga akan dibahas bersama Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais. "Kami pertimbangkan semua, belum ada keputusan final. Semua berelaborasi dan sepakat untuk putuskan secara mekanisme partai disampaikan dalam Rakernas,” ujarnya.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten