SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA – Meski bertajuk kampanye tingkat provinsi, Partai Amanat Nasional Kota Jogja kembali menyuarakan kekecewaan terhadap kinerja Pemkot Jogja saat ini. Pasalnya, dalam 2 tahun terakhir Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) anggaran mencapai sekitar Rp500 miliar.

“Harusnya kondisi seperti ini tidak terjadi, karena anggara yang disetujui seharusnya mampu diserap secara maksimal,” tegas Ketua DPD PAN Kota Jogja, Heroe Poerwadi, dalam orasinya dalam kampanye terbuka di Alun-alun Selatan, Jumat (4/4/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia berpendapat, salah satu kinerja pemerintah bisa dilihat dari berapa besar serapan anggaran tiap tahunnya. Hanya saja, kinerja pemkot saat ini belum memuaskan karena besaran anggaran silpa terjadi dalam dua tahun terakhir.

“Saya tidak tahu besaran pastinya. Untuk 2012 ada silpa anggaran sebesar Rp224 miliar. Sedangkan untuk tahun lalu sebesar Rp300an miliar. Kalau ditotal dalam 2 tahun terakhir terdapat silpa anggaran lebih dari Rp500 miliar,” sebutnya.

Di bercerita, saat kader PAN Herry Zudianto menjabat sebagai Walikota Jogja selama dua periode beruntun, kejadian seperti ini tidak pernah terjadi. “Momen pileg ini akan kami jadikan momen awal untuk merebut kembali tampuk pemerintahan di Kota Jogja,” ungkapnya.

Menurut dia, saat ini merupakan langkah tepat untuk merekonstruksi ulang kekuatan guna menata Jogja agar lebih baik dan kembali nyaman. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kader dan simpatisan untuk rapatkan barisan demi terwujudnya cita-cita itu. “Jogja harus kembali nyaman, karena banyak orang yang bilang saat ini kenyamanan kota pelan-pelan mulai menghilang,” seru dia.

Dari sisi target pileg sendiri DPD PAN Kota menargetkan mendapatkan 10 kursi untuk duduk sebagai anggota DPRD Kota periode 2014-2019. Menurut Heroe, target ini sangat realistis dan optimistis dapat terpenuhi. “Kita ingat di 2004 kita pernah punya 9 wakil, dan target mendapatkan 10 kursi itu merupakan target yang wajar,” paparnya.

Di sisi lain, Ketua DPW PAN DIY Himawan Wahyudi menargetkan untuk bisa mendapatkan 2 kursi untuk DPR RI. Untuk itu, pihaknya sudah merapatkan internal di tubuh para caleg untuk membagi beberapa daerah sebagai tempat mendulang suara. “Kami juga sudah merapatkan barisan untuk bahu membahu demi mencapai target dua kursi itu,” ungkapnya. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya