PAN Galang Koalisi dengan Golkar dan PPP, Ada Agenda Terselubung?

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi  mengatakan tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung.

 Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) berbincang dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (ketiga kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kedua kiri) didampingi jajaran pengurus partai saat mengelar pertemuan di Jakarta, Kamis (12/5/2022). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi lebaran dan pembahasan koalisi Bersatu (Beringin, Ka'bah, dan Matahari). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) berbincang dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (ketiga kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kedua kiri) didampingi jajaran pengurus partai saat mengelar pertemuan di Jakarta, Kamis (12/5/2022). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi lebaran dan pembahasan koalisi Bersatu (Beringin, Ka'bah, dan Matahari). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, JAKARTA—Tiga partai politik yaitu Partai Golkar, PAN dan PPP menggalang koalisi menjelang Pemilu 2024. Koalisi bernama Bersatu itu dibuktikan dengan bertemunya ketua umum ketiga parpol di Jakarta, Kamis (12/5/2022) malam.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan saat ini partai yang lolos ambang batas parlemen saling mendekatkan diri dan melakukan lobi-lobi politik. “Gunanya untuk penjajagan berkoalisi atau menggabungkan partai politik sebagai syarat di pemilu presiden 2024,” katanya melalui pesan instan kepada wartawan, Minggu (15/5/2022), seperti dikutip dari Bisnis.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Viva menjelaskan dalam proses politiknya, akan mengerucut bagaimana komposisi koalisi atau format gabungan partai pengusung pasangan calon capres-cawapres. Gabungan partai dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu, tambah Viva, terbentuk dari adanya persamaan cita-cita untuk menunaikan janji kemerdekaan.

Baca Juga: Golkar, PAN dan PPP Koalisi Bersatu: Beringin, Matahari dan Baitullah

Ini sebagaimana termaktub di pembukaan UUD 1945 melalui jalan demokrasi konstitusional. Cita-cita itu diturunkan ke dalam platform yang memperjuangkan politik gagasan, ide, dan pemikiran sebagai landasan prinsip melalui proses-proses politik yang mencerdaskan, menggembirakan, mensejahterakan, memakmurkan, dan berkeadilan.

“KIB ini adalah bagian dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Oleh karena itu dalam rencana kerja selanjutnya dipastikan akan bertanggung jawab untuk dapat meningkatkan kinerja pemerintahan,” jelasnya.

Viva menuturkan kesetiaan KIB kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin tidak usah diragukan. “Tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung. Semua serba transparan alias terang-benderang,” ucapnya.

Baca Juga: Golkar, PAN dan PPP Galang Koalisi, Ini yang Mereka Bahas

Apabila ketua umum Golkar dan PPP menjadi menteri di era Jokowi-Ma’ruf. Lalu ditegaskan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bahwa partainya berkomitmen menjadi bagian koalisi pemerintah sampai setelah pemilu 2024.

“Koalisi KIB adalah koalisi lahir batin karena banyak mempertemukan cita-cita dan gagasan politik untuk membangun peradaban Indonesia ke depan,” terang Viva.

Sebelumnya, pengamat politik Rocky Gerung menyebut koalisi itu sebagai poros tengah baru dalam perpolitikan di Tanah Air.  Poros Tengah adalah istilah yang mengacu kepada koalisi partai-partai Islam yang dibentuk setelah PDIP memenangkan Pileg 1999.

Baca Juga: Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Bisa Usung Capres Sendiri

“Saya kira malam ini ada rapat lebih strategis membicarakan kalau Presiden Jokowi pulang [dari Amerika Serikat] sidang kabinet akan bicara apa.  Pasti sebelum sidang kabinet akan ada konferensi pers dari koalisi itu,” kata Rocky Gerung dalam YouTube Rocky Gerung Official, Sabtu (13/5/2022).

Rocky juga menyebut koalisi Bersatu tersebut merupakan semioposisi. Dia bahkan mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mundur dari kabinet karena sudah memiliki blok bersama PAN dan PPP.

“Supaya beberapa menteri strategis lain ikut mundur untuk meredakan ketegangan. Sehingga ketegangan politis selesai. Jadi misalnya Sri Mulyani mundur, Airlangga mundur, dua menteri ekonomi mundur itu artinya kebijakan kebijakan ekonomi ditata ulang. Dan biarkan Pak Jokowi memilih memilih menteri keuangan baru atau menteri perekonomian baru kan,” ujarnya.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tetapkan Ferdy Sambo Tersangka, Kapolri Dinilai Telah Lulus Ujian

      Hendardi menyadari pilihan Kapolri tersebut tidak mudah lantaran Ferdy Sambo pasti punya posisi kuat di Polri.

      Siswa SD Dibunuh Paman saat Belajar di Kelas

      Seorang siswa SD berinisial S, 10, meninggal dunia setelah ditikam dengan pisau oleh pamannya sendiri.

      Jejak Ferdy Sambo, Akhir Karier Pelopor Kaus Turn Back Crime

      Bersama sang atasan, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Krisna Murti, Ferdy Sambo mempopulerkan kaus bertuliskan Turn Back Crime. 

      Mahfud Ibaratkan Ferdy Sambo Bayi yang Dilahirkan Caesar

      Berlarut-larutnya kasus Brigadir J sejak awal Juli 2022 lalu sebagai penanganan terhadap ibu yang hendak melahirkan namun mengalami kesulitan sehingga tim dokter terpaksa melakukan operasi caesar.

      Ayah Brigadir J Kaget Ferdy Sambo Otak Pembunuh Anaknya

      Pasalnya, di mata keluarga Brigadir J Ferdy Sambo sangat sayang kepada Brigadir J.

      Bangga! Indonesia Tuan Rumah International Olympiad in Informatic 2022

      Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah bagi perhelatan bergengsi International Olympiad in Informatic (IOI) 2022.

      Ini 3 Jenderal dan 8 Pamen yang Huni Sel Khusus Kasus Brigadir J

      Dua jenderal bintang satu hampir pasti adalah mantan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Propam Brigjen Hendra Kurniawan dan eks Karo Provost Propam Brigjen Benny Ali.

      Baku Tembak ala Ferdy Sambo: Tembakkan Pistol Brigadir J ke Dinding

      Untuk membuat alibi, Ferdy Sambo mengambil pistol Brigadir J dan menembakkannya ke tembok seolah-olah bekas tembakan mendiang Brigadir J. 

      31 Polisi Terlibat Rekayasa Kasus Brigadir J, 11 Orang Disel Khusus

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      Motif Pembunuhan terhadap Brigadir J Masih Misterius

      Meski Ferdy Sambo sudah ditetapkan tersangka namun motif penembakan ajudan yang disayanginya itu masih gelap. 

      Pasal Pembunuhan Berencana, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

      Ferdy Sambo dijerat Pasal 340 KUHP jo Pasal 338 jo Pasal 55 jo Pasal 56 tentang Pembunuhan Berencana yang dilakukan bersama-sama.

      Jadi Tersangka, Ferdy Sambo Perekayasa Kematian Brigadir J

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      Kali Keempat, Presiden Minta Kapolri Tegas Tangani Kasus Brigadir J

      Kapolri diminta tidak takut mengungkap kasus itu siapapun yang bersalah karena Presiden Jokowi berada di belakangnya.

      Aturan Baru Tarif Ojek Daring Kemenangan Tidak Ideal Pengemudi Gig

      Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek daring (online).

      Kuasa Hukum Brigadir J: Putri Sambo Sehat, yang Terguncang Pengacaranya

      Dalam beberapa kali kesempatan pengacara Putri Sambo menyatakan bahwa istri Ferdy Sambo itu jiwanya terguncang sehingga tidak bisa menjalani pemeriksaan.

      Ferdy Sambo Diperiksa Komnas HAM Hari Kamis

      Komnas HAM RI akan meminta keterangan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo terkait kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), pada Kamis (11/8/2022).