SOLOPOS.COM - Peragawati memamerkan busana koleksi dari Batik Danar Hadi Solo dalam fashion show di Solo, Rabu (7/12/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Berbagai koleksi batik terkini dengan motif dan warna yang elegan serta memukau dipamerkan model dalam fashion show Batik Danar Hadi, Solo, Rabu (7/12/2022). Bertempat di Rumah Batik Danar Hadi, Jl Radjiman, fashion show bertema Citta Loka itu merupakan rangkaian acara yang digelar di lima kota.

Lima kota mulai dari Surabaya, Bandung, Semarang, Jogja, kemudian Solo. Tema Citta Loka dipilih karena memiliki arti keanekaragaman motif batik serta keanekaragaman wastra batik yang menggambarkan koleksi dari Batik Danar Hadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koleksi Citta Loka menampilkan berbagai motif sekar jagad, pamiluto, tambal seribu, dan motif lainnya dengan pilihan warna tanahan seperti sogan, terracotta, hingga merah bata. Peragaan busana Batik Danar Hadi itu memikat ratusan tamu undangan yang hadir.

Fashion show batik Danar Hadi Solo itu tampil dalam enam rangkaian yang masing-masing memiliki keunikan nan memanjakan mata. Pada rangkaian pertama, Batik Danar Hadi menampilkan koleksi busana dengan tema ‘Tambal Modern”.

Tema tersebut menggunakan motif batik Indonesia dengan desain kasual yang diaplikasikan pada kain katun sewarna. Sedangkan pada rangkaian kedua menampilkan tema ‘Selaras Rupa’, berupa koleksi berbahan dasar sutra crepe sewarna dengan memadukan desain etnik yang modern.

Baca Juga: Pagi Ini, Presiden Jokowi Kunjungi Museum Danar Hadi Solo

Pada rangkaian ketiga, Batik Danar Hadi menampilkan batik berbahan sutra crepe kombinasi degnan tema ‘Tambal Angkin’ berikut desain yang terkesan smart casual. Pada rangkaian keempat ada motif ‘Tambal Parang’ yang begitu cantik dengan bahan sutra crepe kombinasi membuat pemakainya tampil gaya dengan desain etnik.

Resep Racikan Sendiri

Berikutnya pada rangkaian kelima, Batik Danar Hadi menampilkan koleksi berbahan dasar sutra crepe kombinasi dengan tema ‘Javanese Monochrome’ untuk penampilan cantik dan elegan.

Lalu pada rangkaian terakhir atau rangkaian keenam fashion show, Batik Danar Hadi Solo mempersembahkan tema ‘Lereng Sisi’, dengan sentuhan bahan sutra crepe monokrom dengan desain coctail mempertontonkan keanggunan.

Baca Juga: Catat! Ini Lokasi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di CFD Solo

Danar Hadi bertekad terus melestarikan motif batik tradisional Solo sebagai motif batik asli dengan terus melakukan modifikasi dan pengembangan motif. Juga memiliki resep racikan tersendiri dalam proses dasar pembuatan malam, pewarnaan soga, serta detail motif sebagai keunggulan batik Danar Hadi yang bisa menciptakan motif batik bernilai seni tinggi.

Managing Director PT Batik Danar Hadi, Diana Santosa, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (7/12/2022), menyatakan berharap acara fashion show ini akan menjadi batu loncatan untuk menggelar acara dengan skala yang lebih besar.

“Rangkaian acara fashion show kali ini merupakan momen kembalinya Batik Danar Hadi setelah sempat terhenti selama periode pandemi Covid-19. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan produk dengan mengundang para customer ke acara kami serta persiapan kami didalam melakukan acara fashion show berskala lebih besar yang telah kami rencanakan di tahun depan” terang Diana Santosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya