SOLOPOS.COM - Foto Jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto )

Harianjogja.com, JOGJA- Seluruh seniman mengeluarkan dana pribadi yang tidak sedikit untuk membuat patung-patung yang akan dipamerkan di Jalan Malioboro Jogja, awal Oktober mendatang.

Salah satu seniman patung, Dunadi, akan menampilkan karya bertema “Bertautan” yang digambarkan dengan tiga patung gajah berukuran besar yaitu tinggi sekitar lima meter dan panjang keseluruh patung jika dijajarkan mencapai 13 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Patung ini terbuat dari fiberglass dengan rangka besi. Pengunjung bisa naik ke patung asalkan hati-hati. Patung juga bebas diberi warna atau gambar oleh pengunjung,” katanya, Senin (22/9/2014).

Dunadi menghabiskan biaya sekitar Rp80 juta untuk pembuatan patung yang akan ditempatkan di sekitar Titik Nol Kilometer itu.

Sementara itu, I Made Arya Palguna akan menampilkan karya bertajuk “Digital Heart”. Patung berbentuk hati raksasa tersebut akan dilengkapi dengan 1.000 gembok.

Patung akan ditempatkan di seberang Monumen Serangan Oemoem Satu Maret. Patung tersebut menggambarkan bahwa lokasi tersebut merupakan pertemuan masyarakat dari berbagai daerah.

Perhelatan seni rupa dengan menempatkan belasan patung tersebut dikemas dalam kegiatan Jogja 258 Out Door Sculpture Exhibition 2014 yang diikuti 12 seniman patung.

Sejumlah seniman yang terlibat dalam kegiatan pameran tersebut di antaranya Ali Umar, Basuki Praworo, Dunadi, Timbul Raharjo, dan I Made Arya Palguna.

“Secara tidak langsung, seniman-seniman ini menggambarkan Indonesia mini karena berasal dari berbagai daerah, tidak hanya Jogja,” kata Humas Jogja 258 Out Door Sculpture Exhibition 2014 Ryan Budi Nuryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya