SOLOPOS.COM - NIKMATI LUKISAN -- Pengunjung mengamati lukisan yang dipamerkan di Pameran Lukisan Bersama Silaturahmi d’Solo di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Surakarta, Senin (26/3). Pameran masih akan berlangsung hingga Rabu (28/3).(JIBI/SOLOPOS/Chrisna Chanis Cara)

NIKMATI LUKISAN -- Pengunjung mengamati lukisan yang dipamerkan dalam Pameran Lukisan Bersama Silaturahmi d’Solo di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Surakarta, Senin (26/3/2012). Pameran masih akan berlangsung hingga Rabu (28/3/2012).(JIBI/SOLOPOS/Chrisna Chanis Cara)

SOLO – Seni tak hanya bicara tentang menghasilkan karya. Lewat seni, silaturahmi yang sempat terputus pun bisa terjalin lagi. Seperti yang dilakukan 14 pelukis lintas kota dalam Pameran Lukisan Bersama, Silaturahmi d’Solo di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Surakarta (TBS), Kamis-Rabu (22-28/3/2012). Dengan media kanvas, mereka merajut kembali kebersamaan yang pernah bersemi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami tak sekadar pameran. Kami ingin kegiatan ini bisa menumbuhkan kembali komunikasi antar pelukis yang sempat terputus,” kata seorang inisiator acara, Muchlis Sahar, kepada Espos, di sela-sela pameran, Senin (26/3/2012).

Sekitar 75 lukisan bergenre realis, naifisme, abstrak, surealis dan pop art dipajang dalam pameran yang sudah kali kedua digelar itu. Agussis, pelukis asal Solo, membawa serta anaknya, Naras, untuk ikut memeriahkan pameran. Empat karya Naras seperti Bunga di Atas Meja dan Hadiah untuk Orang seakan menjadi oase di tengah kemegahan karya pelukis-pelukis kawakan. “Ini kali pertama dia ikut pameran di TBS. Saat pembukaan pameran, dia juga menggelar aksi melukis di tempat,” ujar Agussis tentang anaknya yang kini duduk di Kelas I SDN Mangkubumen No 63 Solo itu.

Ditambahkan Muchlis, pameran tersebut juga diikuti pelukis lintas kota seperti Agus Sasmito (Solo), Anang Sya’roni (Solo), Citra Dwi K (Jepara), Effendi Saleh (Blitar), Jaya Adhi (Solo, Johnny Gustaaf S (Jogja), Mamet Swalle (Tangerang), Soemaryo Hadi (Pati), Toto Iswanda (Jogja) dan Yonrizal (Bogor). “Pameran ini rencananya akan berlanjut di kota-kota lain seperti Padang,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya