SOLOPOS.COM - Ilustrasi prostutusi (ladynews.wordpress.com)

Harianjogja.com, JOGJA—Berkencan dengan pekerja seks komersial (PSK) dan minum-minuman keras telah menjadi gaya hidup Eko Dompu.

Seniman asal Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini mengaku, selama rentang 1987-1996, belasan tempat hiburan malam di Jakarta seperti Kramat Tunggak, Pletok, Jalan Blora, Simpang Harmoni, Taman Lawang, telah ia singgahi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan dalam petualangannya itu, pria pemilik nama asli Muhammad Yakub ini akhirnya kecantol dan menjalin hubungan asmara dengan seorang pramuria bernama Sumiyati, perempuan keturunan Arab-Madura, selama empat bulan lamanya.

Namun rasa bersalah yang terus menghantuinya, akhirnya mendorong Eko Dompu untuk melakukan pertobatan. Ikrar untuk berhenti dari dunia malam itu ditandai dengan pameran tunggal bertajuk Pramuria yang bakal digelar di Sellie Kafe, Jogja, mulai 27 Oktober hingga 6 November 2013. Pameran ini sekaligus menjadi pameran perdana Eko Dompu sepanjang karirnya menjadi seorang pelukis.

Mikke Susanto, Kurator pameran, Mikke Susanto, mengatakan ada 20 karya lukis berikut sketsa milik Eko Dompu yang bakal dipamerkan. Lukisan itu berkisah tentang pengalaman Eko Dompu saat berkelana di berbagai tempat hiburan malam.

“Tema tentang hiburan malam yang dibuat Eko pada rentang 1987-1996 ada sekitar 50 lukisan. Namun karena beberapa lukisan ada yang hilang, akhirnya kami seleksi menjadi 20 lukisan,” katanya kepada wartawan di Sellie Kafe, Jl. Gerilya, Prawirotaman, Kamis (24/10).

Kendati belajar secara otodidak, lukisan karya Eko mempunyai kualitas yang sangat bagus. Karya lukis yang diciptakan disajikan dengan visualisasi yang kental dengan gaya figuratif ala impresionist Prancis. Bahkan Mikke menyebut karya Eko kaya warna dan layak disandingkan dengan lukisan katya Sudjojono dan Hendra Jasmara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya