SOLOPOS.COM - Pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pameran Kulonprogo menjadi ajang UKM mempromosikan diri.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Masih dalam rangka memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI ke-70, Pemerintah Kecamatan Pengasih menggelar Pengasih Expo di depan Kantor Kecamatan Pengasih, Kulonprogo selama tiga hari sejak Rabu (19/8/2015). Acara tersebut diharapkan mampu mengangkat dan ikut mempromosikan produk lokal, khususnya buatan warga Pengasih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Pengasih Expo, Eko Suratman mengatakan, misi utama Pemerintah Kecamatan Pengasih adalah menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap produk lokal. Sasaran partisipan acara berasal dari kalangan kelompok binaan UPK dan Posdaya yang sedang merintis atau sudah menjalankan usaha bisnis.

“Masyarakat di luar kelompok binaan juga kita beri kesempatan untuk promosi,” ujar Eko.

Eko lalu mengungkapkan, Pengasih Expo merupakan progam tahunan yang mulai diselenggarakan sejak 2014. Awalnya, kegiatan itu hanya dikemas dalam bentuk pasar murah yang dibuka usai upacara peringatan hari kemerdekaan RI. Namun, konsep itu dinilai kurang meriah. “Ternyata kalau setelah upacara itu kurang gereget karena persiapannya juga kurang. Tahun ini akhirnya kami buat jadi tiga hari,” ucapnya.

Antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pengasih Expo pun lebih tingggi dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu panitia hanya membuka 32 stan, kali ini ada 46 stan yang disediakan. Produk yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kerajinan, makanan olahan, hingga batu akik. “Sebenarnya target kami hanya 30 stan tapi ternyata minat masyarakat sangat tinggi,” papar Eko.

Eko menambahkan, sebenarnya jumlah pendaftar pengisi stan lebih dari 46 orang. Namun, panitia tidak bisa memfasilitasi semuanya karena keterbatasan luas lokasi penyelenggaraan dan pendanaan. “Banyak peserta yang kami gratiskan, seperti instansi pemerintah, sekolah, dan kelompok binaan. Hanya UMKM di luar binaan yang ditarik biaya retribusi sewa stan,” jelas Kasubag Umum Kantor Kecamatan Pengasih itu.

Kehadiran Pengasih Expo disambut senang oleh warga sekitar. Salah satunya, Diana Arum, warga Dusun Pengasih, Desa Pengasih. Dia tertarik mengetahui apa saja potensi Pengasih. Dia juga berencana belanja jika ada produk yang menarik perhatian. “Kebetulan dekat dari rumah. Jadi berangkatnya cuma jalan kaki, sekalian olahraga,” ujar Arum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya