SOLOPOS.COM - Ilustrasi aneka komputer (www.focus.de)

Pameran kali ini mengangkat tema Virtual Experience yang di dalamnya akan menyediakan booth augmented reality, trick eye.

Harianjogja.com, JOGJA-Asosiasi Pengusaha Komputer (Apkom) DIY kembali menghadirkan Yogyakomtek ke-19 pada 3-7 September 2016 di Jogja Expo Center (JEC). Pameran kali ini mengangkat tema Virtual Experience yang di dalamnya akan menyediakan booth augmented reality, trick eye, Pokemon Go Lure Party, hingga virtual reality.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Panitia Yogyakomtek ke-19 Yudo Satrianto mengatakan, stan akan dilengkapi virtual reality untuk semakin mendukung tema yang diangkat. Menurutnya, Yogyakomtek berbeda dengan pameran komputer lainnya karena selalu ada tema sesuai dengan kondisi di masyarakat. “Dunia virtual mulai berkembang pesat meski belum menjadi peaknya tetapi virtual diyakini akan mengubah tren,” kata dia dalam jumpa pers di Sultan Agung Cuisin, Sabtu (27/8/2016).

Berbagai pengalaman virtual reality akan dihadirkan oleh beberapa booth yang ada, salah satunya Lenovo. Salah satu pegiat virtual reality, Aswin juga akan meramaikan Yogyakomtek dengan menghadirkan Oculus VR, sebuah virtual reality berbasis PC. Oculus Life ini butuh PC gaming core I5, ram 8 giga, dan VGA GTX 970. Menurutnya ada tiga jenis virtual reality yang dikenal masyarakat, di antaranya virtual reality berbasis PC, berbasis game seperti play station, dan mobile VR. “Mobile VR seperti yang ditawarkan Samsung dan Lenovo,” katanya.

Salah satu booth juga menyediakan foto virtual reality dimana background foto dapat diatur sesuai file gambar yang dimiliki, seperti halnya pemandangan Tamansari dan juga Kraton Jogja.

Produk yang dipamerkan mulai dari komputer, smartphone, software dan hardware service provider, sampai aksesoris. Pameran ini tetap terselenggara meski kondisi ekonomi belum stabil mengingat pameran ini menjadi ajang pameran komputer terbesar di Jogja. Yudo menyampaikan, pada 2012 saja jumlah pengunjung bisa mencapai 147.000 pengunjung.

Ketua Apkom DIY, Dicky Purnawibawa berharap pameran ini dapat mempertemukan para buyer dan seller sehingga memunculkan transaksi yang bagus untuk bisnis IT sehingga warga DIY secara berkesinambungan memperoleh update tentang komputer dan penyertanya. “Harapannya Yogyakomtek jadi standar pengembangan IT di Jogja,” katanya.

Yogyakomtek 2016 akan diisi 159 booth. Pameran ini ditargetkan mampu mrndatangkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi Rp50 miliar. Ada super hot sale barang terlaris dijual dengan harga super diskon, cash back senilai total Rp40 juta, free tiket masuk bagi 500 pengunjung pertama per hari dan bagi pelajar atau rombongan sekolah, serta gratis voucher belanja Rp5.000 untuk pembelanjaan di pameran. “Tiket Rp5.000 sekaligus jadi voucher,” kata Yudo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya