SOLOPOS.COM - Suasana pameran Apkom CES 2015 di JEC. (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Pameran komputer Jogja untuk transaksi kurang dari target.

Harianjogja.com, JOGJA– Transaksi penjualan pada pameran Computer Exhibition Solutions (CES) 2015 mencapai Rp5 miliar. Meski kurang dari target yang ditentukan, pencapaian tersebut dinilai baik ditengah situasi dan kondisi saat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia (Apkomindo) DIY Dicky Purnawibawa mengatakan, meski capaian transaksi masih jauh dari target awal, namun pelaksanaan ?pameran Apkom CES 2015 mampu memberikan angin segar bagi pengusaha untuk meningkatkan penjualan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebenarnya, target kami Rp7 sampai Rp8 miliar. Namun, dilihat dari situasi ekonomi saat ini (pencapaian) itu sudah bagus,” kata Dicky kepada wartawan, Rabu (4/11/2015).

Dijelaskan dia, dibandingkan pelaksanaan CES 2014 transaksi penjualan turun drastis. Tahun lalu, transaksi penjualan selama pameran mencapai Rp8 M dengan tingkat kunjungan rata-rata 12.000 per hari.

“Tapi, kondisi ekonomi saat itu berbeda dengan saat ini. Jadi cukup bagus. Semua penjualan merata, baik laptop, Ponsel maupun aksesoris. Tidak ada yang dominan,” terang Dicky.

Terpisah, Ketua Panitia Apkom CES 2015 Tri Harjono mengatakan, tahun ini ditargetkan 60.000 pengunjung selama pameran. Sejak dibuka Sabtu lalu, jumlah pengunjung meningkat dengan rata-rata sekitar 7.000-8.000 orang per hari.

“Target kami tidak muluk-mukuk. Hari terakhir kami yakin jumlah pengunjung bisa mendekati target 60.000 orang,” katanya.

Dia menilai, capaian transaksi maupun jumlah pengunjung pada CES 2015 ini dinilai sudah memenuhi ekspektasi. Sebab, pada pameran sebelumnya Apkomindo menggunakan tiga hall sementara saat ini hanya satu hall.

“Itu menunjukkan antusiasme market betul-betul tinggi. Senin, misalnya, biasanya grafik menurun justru stabil. Masih 7.000 orang. Untuk hari terakhir tidak hanya jumlah pengunjung yang diperkirakan tinggi, tapi yang datang pengunjung potensial,” katanya.

Dengan pencapaian yang dinilai bagus, baik segi transaksi hingga kunjungan, Tri memprediksi pelaksaan pameran di penghujung akhir tahun nanti juga akan semakin baik.

“Desember kami akan menyelenggarakan pameran lagi. Kami prediksi jumlah pengunjung maupun transaksinya lebih baik lagi. Sebab, diperkirakan kondisi ekonomi akan jauh lebih baik lagi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya