SOLOPOS.COM - Calon konsumen berburu aksesori komputerdi SCC, Minggu (28/9/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Penjualan smartphone mendominasi Pameran Komputer, Tablet, dan Smartphone di lantai 1 dan 2 Solo Computer Center (SCC) di kompleks Solo Center Point (SCP) Purwosari, Sabtu (27/9/2014) hingga Kamis (2/10/2014).

Rata-rata smartphone yang laris kisaran harga Rp1 juta. Pameran komputer di SCC selama enam hari menampilkan 41 stan yang menjajakan notebook, tablet, smartphone, aksesori, printer, dan lain-lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pameran komputer di SCC itu kali kedua diselenggarakan pada 2014. Pameran kali pertama dilaksanakan pada Februari 2014. Pameran digagas dan diikuti sejumlah pengurus Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) itu tidak bisa dibandingkan dengan pameran Apkomindo di Diamond Solo Convention Center (DSCC).

“Lumayan [pengunjung]. Mungkin dari target 20.000 pengunjung di SCC itu meleset sedikit. Tetapi secara penjualan lumayan. Pembeli enggak sampai meluber tapi mereka datang untuk membeli atau ada kebutuhan barang. Maklum kalau pengunjung tidak banyak. [pameran] Bukan pada hari libur,” kata Ketua Apkomindo Solo, Edy Purwanto, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/10/2014).

Edy mengungkapkan Pameran Komputer di SCC hanya diselenggarakan dua kali pada 2014. Selanjutanya mereka akan konsentrasi menggarap acara rutin setiap periode tertentu dalam satu tahun, yakni Pameran Apkomindo.

Mereka berencana menyelenggarakan Pameran Apkomindo akhir tahun. Namun Edy belum dapat memberikan banyak informasi terkait produk yang akan dipamerkan.

“[pameran komputer di] SCC hanya 2 kali. Soal Pameran Apkomindo, ini penutupan quarter terakhir. Kami belum dapat info dari rekan-rekan terkait produk baru,” imbuh dia.

Di sisi lain Edy menjelaskan penjualan smartphone mendominasi dibanding produk lain. Terutama smartphone dengan kisaran harga Rp1 juta. Rata-rata dia menjual lebih dari 15 unit smartphone per hari.
Sedangkan tablet dan notebook sekitar 20 unit per hari. “Tablet yang katanya enggak laku ternyata laku 15 unit per hari. Rata-rata smartphone yang laku sekitar Rp800-Rp1,5 juta,” tutur Edy.

Tidak jauh beda disampaikan pemilik Toko Sanitech Komputer, Sumanto. Dia menawarkan empat merek smartphone, yakni Treq, Smartfren, Evercoss, SPC. Dia juga menjajakan sejumlah merek notebook. Namun Sumanto mengaku memprioritaskan penjualan smartphone pada pameran.

Dia mampu menjual 200 unit selama enam hari pameran. Berbeda dengan notebook yang hanya laku sekitar 5-7 unit per hari. Dia menilai produk baru smartphone mampu mendongkrak penjualan.

“Biasanya penjualan notebook menjadi prioritas tapi kali ini kami gabung dengan smartphone. Penjualan smartphone lebih banyak secara unit. Kami tidak memberikan promo harga. Pameran ini efektif mendatangkan pembeli mengingat kondisi pasar cenderung sepi. Tetapi saya kurang tahu karena apa,” tutur Sumanto saat ditemui Solopos.com di stan miliknya, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya