SOLOPOS.COM - Ilustrasi pameran komputer second. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kampanye Pameran Komputer Tiga Lantai yang didengungkan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo berhasil meramaikan Solo Computer Center (SCC) di kompleks Solo Center Point (SCP), Purwosari, Solo untuk sementara waktu. Pengakuan bahwa pameran komputer itu mendongkrak penjualan produk teknologi informatika (TI) di kios mereka itu dikemukakan sejumlah pemilik kios di Lantai II SCC, kompleks SCP Purwosari.

Seperti diberitakan Solopos.com, Pengelola SCC menggandeng Apkomindo Solo menyelenggarakan Pameran Komputer Tiga Lantai di Ground Floor (GF), Lantai I, dan Lantai II SCC, Kamis (27/2/2014) hingga Rabu (5/3/2014). Pameran diikuti sekitar 96 stan yang terdiri dari 46 stan produk TI di lantai I dan 50 pemilik kios di lantai II.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sejumlah pemilik kios di lantai II yang juga membuka stan di lantai I mengatakan pameran mampu mendongkrak penjualan produk TI di kios mereka. Pemilik Mastek Komputer di Jl. Transito No. 4 Pajang, Solo, Mastek, mengaku optimistis tujuan utama penyelenggaraan pameran untuk mengenalkan SCC sebagai pusat penjualan produk TI di Solo tercapai.

Salah satu indikator yang dia buat adalah sebagian besar pengunjung pameran menyambangi kios di lantai II. Selain itu pameran diklaim mendongkrak penjualan produk TI di kios per hari.

“Kami senang. Transaksi meningkat. Kami menjual tiga unit laptop di kios per hari. Padahal kami hanya menjual satu unit per hari pada hari biasa dan tiga unit pada akhir pekan di luar pameran. Pameran akan berefek ke depan,” kata Mastek saat dihubungi Solopos.com, Rabu (5/3/2014).

Mastek juga mengapresiasi konsep acara yang dibuat panitia. Menurut dia konsep acara memaksa sebagian besar pengunjung menyambangi lantai II yang menjadi pusat pameran. Seperti, lokasi kotak undian berhadiah, lembaga pembiayaan dan lain-lain. Menurut dia strategi itu bagus terutama untuk produk yang dia pasarkan. “Ke depan SCC akan lebih ramai. Pengunjung akan ajek. Pameran membuat produk kami lebih dikenal,” ungkap dia.

Sementara pemilik ATM Komputer di Lantai II SCC, Edy Poerwanto, menilai pameran awal tahun yang mampu mendatangkan belasan ribu orang itu menjadi awal perjalanan SCC sebagai pusat penjualan TI di Solo. Bahkan dia yakin SCC akan menjadi rujukan bagi warga Solo apabila berbelanja produk TI. Meskipun pameran komputer sudah selesai.

“Pameran terhitung berhasil. Setidaknya ini awal. Selama pameran banyak yang menyambangi kios. Semoga SCC makin banyak didatangi orang dan menjadi rujukan belanja TI. Kami berkumpul di sini [SCC] sehingga calon pembeli dapat membandingkan harga langsung di satu lokasi,” tutur Edy.

Namun Edy menyoroti lokasi parkir sepeda motor di city walk. Kondisi itu dinilai kurang memadai. Meski demikian Edy mengaku konsep acara dan jumlah pengunjung cukup memuaskan untuk pameran kali pertama di lokasi baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya