SOLOPOS.COM - Endang S yang mewakili Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY ketika menjajal virtual reality experience dalam Yogyakomtek di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Sabtu (3/9/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Pameran komputer Yogyakomtek dimeriahkan dengan berbagai aktivitas virtual

Harianjogja.com, JOGJA-Tema Virtual Experience yang diangkat dalam Yogyakomtek 2016 menjadi sajian baru bagi pengunjung. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga terhibur dengan aneka ragam booth-booth yang menghadirkan seni virtualnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbagai aktivitas virtual yang tersaji mulai dari virtual reality (VR) and mobile VR, trick eye 3D, hingga augmented reality. Di booth augmented reality, pengunjung dapat merasakan sensasi bercengkerama dengan hewan buas seperti harimau, dinosaurus, dan juga gajah.

Teknologi ini menggabungkan benda maya tiga dimensi atau dua dimensi dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang sama, sehingga terkesan keduanya berada dalam tampilan yang sama.

Anak-anak cukup tertarik bermain di booth ini karena mereka bisa merasakan dikelilingi binatang-binatang besar. Orang dewasa pun juga terlihat penasaran dengan gambar yang muncul di layar karena binatang yang terlihat di layar muncul dan berjalan seperti kenyataan.

Sesekali ada pengunjung yang sengaja berdiri di depan kamera virtual augmented untuk memposisikan dirinya mendekat dengan binatang yang muncul dalam layar tersebut.

“Kalau di televisi mungkin sudah biasa dipakai untuk rekayasa film. Begitu di sini [Yogyakomtek] ada kayak gini, kita juga jadi penasaran, apalagi anak-anak pasti jadi seru,” kata Bima, salah satu pengunjung Yogyakomtek 2016 di Jogja Expo Center, Selasa (6/9/2016).

Sementara itu, Ketua Panitia Yogyakomtek 2016, Yudo mengatakan, Yogyakomtek 2016 kali ini menghadirkan pengalaman seru dengan dunia virtual, dunia teknologi terkini yang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata.

Menurutnya dunia telah berkembang pesat, meski belum mencapai peaknya tetapi virtual diyakini akan mengubah tren.

Jumlah pengunjung pada Senin (5/9/2016) mencapai 10.000 orang dan menghasilkan nilai transaksi sekitar Rp7 miliar. Yudo sudah memprediksi bahwa mulai Selasa, kegiatan di Yogyakomtek 2016 akan didominasi aktivitas transaksi, bukan lagi hunting produk.

“Benar, Selasa ini sudah mulai ramai terutama untuk pembelian laptop dan PC,”tuturnya.

Menurut Yudo, masyarakat perlu datang ke Yogyakomtek karena menyajikan harga produk yang murah dengan banyak diskon, variasi produk yang banyak, dapat melihat dan mencoba produk IT dan teknologi terkini, serta mendapatkan point of interest yang atraktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya