SOLOPOS.COM - Ibu-ibu melihat berita koran tentang pemakaman Presiden Soeharto pada acara pameran kliping koran oleh Museum Reekor Sukoharjo (Muresko) Sukoharjo di trotoar Jl. Veteran depan Gedung DPRD Sukoharjo, Selasa (15/8/2017). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Muresko memamerkan klipingan koran yang memberitakan peristiwa bersejarah.

Solopos.com, SUKOHARJO — Museum Rekor Sukoharjo (Muresko) menggelar pameran kliping koran di trotoar Jl. Veteran depan Gedung DPRD Sukoharjo, Selasa (15/8/2017). Di kanan kiri trotoar terpajang aneka koran berisi aneka peristiwa bersejarah serta kegiatan Muresko (muresko) sejak 2005 hingga tahun ini.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebagian warga yang kebetulan lewat di lokasi tersebut berhenti sejenak untuk melihat-lihat berita koran. “Saya sampai merinding membaca berita tentang perjuangan pahlawan dahulu. Ternyata perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia tidak mudah tetapi generasi sekarang nyaris melupakannya,” ujar Zaitun Ayu Saputrijafar, mahasiswi semester lima Program Studi PGSD, Univet Bantara, Sukoharjo, seusai melihat-lihat kliping pemberitaan di berbagai koran.

Dia berharap pameran pemberitaan diperbanyak dengan penyelenggara berbeda-beda. Menurutnya, semakin banyak penyelenggara pameran semakin komplet generasi muda sekarang mendapatkan ilmu.

Hal sama disampaikan Alferian, siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. siswa kelas XI itu berharap Gedung Pusat Promosi Daerah Sukoharjo dimanfaatkan untuk pameran kliping koran. “Dari melihat berita-berita di koran saya mendapatkan informasi lama yang belum saya baca,” ungkap dia.

Alferian mengaku pameran buku sudah sering diadakan tetapi pameran pemberitaan jarang.

Berdasarkan pemantauan , berita rekaman lensa permakaman Presiden Soeharto di Astana Giribangun lengkap dengan foto-foto dipamerkan di acara tersebut. Selain itu juga ada berita tentang wafatnya Presiden I RI, Soekarno, dan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Pendiri Muresko, A. Bimo “Kokor” Wijanarko, mengatakan pameran klipling koran menjadi bagian HUT ke-12 Muresko yang jatuh pada 18 Agustus nanti.

“Ada 432 liputan yang dipamerkan hari ini [Selasa]. Pameran kali ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 RI dan HUT ke-12 Muresko. Kami juga berterima kasih kepada teman-teman pers yang telah peduli terhadap kegiatan Muresko selama 12 tahun,” kata dia.

Dia mengaku kliping pemberitaan yang disimpan terlama tahun 1955, koran terbitan 1965, 1970, hingga 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya