SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Para siswa dari berbagai jenjang pendidikan sejak Senin (26/4) lalu memadati Pameran Keanekaragaman Koleksi Museum yang dihelat di Gedung Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Klaten. Mereka datang dari berbagai sekolah –mulai SD hingga SMA– didampingi para guru.

Siswa-siswi yang datang dengan mengenakan baju seragam sekolah masing-masing itu tampak antusias mengamati satu demi satu benda yang dipajang. Mereka lalu tampak mencatat data-data koleksi museum yang dipamerkan. Umumnya mereka mendapatkan tugas mata pelajaran Sejarah di sekolah masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pameran yang rencananya digelar hingga Jumat (30/4) itu menyajikan sejumlah benda-benda peninggalan sejarah, seperti tas yang biasa dipakai Bung Hatta selama melaksanakan tugas-tugas kenegaraan, beberapa jenis senjata yang digunakan oleh kompeni Belanda, foto benteng Vandenberg, pakaian adat, buku-buku sejarah perjuangan, dan foto sejumlah tokoh-tokoh sejarah di Indonesia.

Pengunjung pameran juga bisa menonton beberapa film dokumenter yang menceritakan perjuangan rakyat Indonesia mengusir penjajah. Bupati Klaten, Sunarna dalam sambutannya saat pembukaan pameran itu, Senin lalu, mengatakan, pameran itu diharapkan memberi manfaat bagi banyak pihak.

Sementara Kepala Museum Ronggowarsito Drs Puji Joharnoto mengatakan, pameran itu diikuti enam museum dari Jateng, Jakarta serta Yogyakarta dengan menampilkan puluhan koleksi yang tak ternilai harganya. Dia menuturkan, pameran museum keliling itu bertujuan menggairahkan minat publik — khususnya kalangan pelajar– untuk menyaksikan koleksi museum dan memahami makna yang terdapat di dalam benda bersejarah.

rei/mkd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya