SOLOPOS.COM - Warga melintas di depan Monumen Pers Nasional, Solo. Monumen Pers Nasional akan menggelar pameran foto Solo Zaman Dulu selama sebulan mulai Kamis (30/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Foto-foto Solo zaman dulu akan dipajang selama sekitar sebulan di Monumen Pers Nasional, Solo. Masyarakat bisa melihat gambaran Solo sekitar tahun 1900an lalu, dalam Pameran Foto Solo Tempo Dulu secara gratis mulai 30 Juni 2022 nanti.

Pranata Humas Monumen Pers Nasional, Arnain Dian Agustin, mengatakan event tersebut digelar mulai 30 Juni 2022 hingga 30 Juli 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pameran ini nantinya menampilkan foto-foto lama tentang Kota Solo. Seperti Pasar Gede zaman dulu, Balai Kota Solo zaman dulu itu seperti apa, kemudian beberapa sudut kota yang mungkin sekarang sudah tidak ada atau sudah memiliki tampilan yang berbeda,” kata dia, Selasa (28/6/2022).

Melalui acara tersebut diharapkan akan memberikan wawasan kepada masyarakat tentang penampakan Kota Solo zaman dulu.

Baca Juga: Pameran Jamu Di Monumen Pers Solo, Pengunjung Bebas Mencoba Loh

Mungkin saat ini banyak masyarakat yang sudah lama tinggal di Solo namun belum mengetahui sejarah atau perkembangan Solo di masa lalu. Atau bagi yang sudah mengikuti perkembangan Solo sejak zaman dahulu, melalui foto-foto tersebut mungkin bisa mengembalikan kenangannya.

Mengenai pemilihan waktu pelaksanaan pameran, yakni 30 Juni, juga bukan tanpa alasan. Menurut Arnain, 30 Juni bertepatan dengan peringatan ke-104 tahun gedung Societeit Mangkunegaran, yang sekarang digunakan sebagai Gedung Monumen Pers Nasional.

“Jadi 30 Juni 1918 lalu, gedung [Monumen Pers Nasional saat ini] diresmikan menjadi Gedung Societeit Mangkunegaran. Kemudian mulai tahun 1978, menjadi Monumen Pers Nasional yang diresmikan [Presiden] Suharto. Kami sampai sekarang masih merawat gedung ini sebagai cagar budaya nasional. Berbarengan dengan peringatan 104 tahunnya, kami juga ingin menampilkan pameran yang unik tentang Solo,” kata dia.

Baca Juga: 120 Karya Foto Sejarah PON Dipamerkan di Monumen Pers Solo

Menurut Arnain, foto-toto yang dipamerkan sebagian besar bersumber dari KITLV. Diperkirakan foto-foto tersebut diambil sekitar tahun 1900-an. Bahkan kemungkinan juga ada foto-foto yang lebih lama dari tahun itu.

“Tapi sepertinya juga ada beberapa foto yang usianya lebih lama dari itu. Nanti bisa dilihat saja di pameran,” lanjut dia.

Dia berharap melalui acara tersebut bisa menambah jumlah pengunjung Monumen Pers Nasional. Selain itu diharapkan event-event semacam itu bisa lebih mengenalkan Monumen Pers Nasional ke masyarakat luas. Pandemi Covid-19 yang saat ini sudah berangsur melandai diharapkan bisa berdampak pada jumlah kunjungan wisata yang meningkat.

Pameran bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari libur nasional mulai pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. Acara dapat diakses secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya