Pameran Foto Antara di Kota Lama Semarang Bukti Kearifan Kuno di Era 4.0
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengamati foto yang dipamerkan Kuno-Kini di Gedung Monod Diephuis, Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2019). (Antara-Oscar Motuloh)

Solopos.com, SEMARANG — Redaksi Foto Lembaga Kantor Berita Antara bersama Galeri Foto Jurnalistik Antara menjadikan kearifan lokal menjadi hal aktual melalui Pameran Foto Kuno-Kini di Gedung Monod Diephuis, Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah.

Pameran foto jurnalistik yang akan memajang 122 karya dari 14 pewarta foto Kantor Berita Antara tersebut dibuka Jumat (25/10/2019). Kurator Pameran Kuno-Kini, Ismar Patrizki, menyatakan rangkaian imaji tersebut menjadi bukti betapa kearifan Kuno tetap menjadi ke-kini-an di Era 4.0.

Dalam bidikan pewarta foto andal Antara di Jateng dan D.I. Yogyakarta, menurut dia, momen demi momen unik di berbagi tempat diabadikan sebagai suatu suguhan berita feature kepada masyarakat luas. Para pewarta foto Antara hadir bukan hanya untuk meliput peristiwa-peristiwa bernilai berita 'panas', tetapi juga mengemban tugas untuk menyajikan sisi lain dinamika kehidupan rakyat.

"Imaji-imaji yang mereka hasilkan menjadi dokumentasi penting demi menjaga dan melestarikan warisan adiluhung nenek moyang bangsa," kata Ismar yang juga fotografer senior Antara itu.

Pemilihan tempat pameran di Gedung Mono Diephuis Kota Lama Semang juga kian mendekatkan napas dari imaji-imaji atas momen-momen kebudayaan dan kemanusiaan warga Jateng dan DIY. "Monod Diephuis merupakan bangunan lama yang masih terawat baik, demikian pula budaya warga Jateng dan D.I. Yogyakarta yang tetap hidup dan dirawat dengan baik oleh warga hingga era disrupsi sekarang ini," tutur R. Rekotomo, panitia pameran dan fotografer senior Antara.

Selain pameran, juga akan digelar acara bincang-bincang dengan fotografer Oscar Motuloh. Oscar yang baru saja mendapat gelar Empu Ageng dari ISI Yogyakarta itu, di tempat sama, akan berbagi pengalaman profesional bersama peminat fotografi. Tiga panelis dari kalangan jurnalis dan birokrasi juga akan membahas karya foto yang dipamerkan.

Sebelumnya, pameran serupa juga digelar di Makassar dan Surabaya. Setelah di Kota Semarang, GFJA juga menggelar pameran di Yogyakarta sebagai pamungkas pameran foto jurnalistik pada 2019.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho