SOLOPOS.COM - Pameran foto karya Rio Wibowo di Hartono Mall, Selasa (16/8/2016) malam. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Pameran foto Alkisah menjadi perayaan satu tahun Rio WIbowo Berkarya

Harianjogja.com, SLEMAN-Rio Wibowo atau yang lebih dikenal dengan Rio Motret, merayakan satu tahun hasil karya pemotretannya di Jogja. Kali ini, fotografer ternama ini memilih Hartono Mall untuk membuka pameran fotografinya bertema Alkisah.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Sesuai tema yang diangkat, Rio menyajikan puluhan foto yang mengambil kisah cerita rakyat, legenda, maupun mitos dari masa lalu Indonesia. Mulai dari cerita Ande-Ande Lumut yang diperankan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia, Cindelaras oleh Afgan, Lutung Kasarung oleh Vino G. Sebastian dan Marsha Timothy, dan masih banyak lagi artis papan nama yang terlibat.

“Karya saya ini melibatkan 100 artis tanpa dibayar. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya Indonesia,” kata Rio saat membuka pamerannya di Hartono Mall, Selasa (16/8/2016) malam.

Ide untuk mengangkat cerita rakyat muncul tiga tahun lalu. Rio menilai, kisah-kisah legendaris itu kini hampir tidak dikenal lagi. Maka dari itu, melalui pameran Alkisah ini, Rio ingin mengembalikan ingatan dan mengenalkan kembali masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia.

Pameran di Hartono Mall ini merupakan pameran ke lima yang telah digelar di Indonesia. Sebelumnya, pameran serupa telah dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Makasar. Pameran di Jogja akan diselenggarakan sampai Minggu (21/8/2016).

Karya fotografi Rio Motret mendapat dukungan dari Bakti Budaya Djarum Foundation. Selaku perwakilan dari Djarum Foundation, Billy, berharap semoga pameran Alkisah dapat  menjadi motivasi dan alarm bagi generasi muda untuk mencintai budaya Indonesia. Dukungan seperti ini merupakan program Djarum Foundation untuk mendekatkan budaya ke masyarakat yang lebih berpikir kekinian.

“Budaya bukan kuno tapi bisa didekatkan dengan masyarakat urban. Semoga menjadi gaungan terbaik selama ada di Hartono Mall,” kata Billy.

Robby Gunawan selaku Deputy General Manager Hartono Mall menyambut baik pameran Alkisah ini. Senada dengan Billy, pihaknya berharap agar ingatan masyarakat akan kisah cerita rakyat Indonesia muncul kembali.

Sementara itu, salah satu diva Indonesia, Titi DJ, yang hadir mengisi acara pembukaan pameran tersebut mengaku bangga telah dilibatkan dalam mahakarya Alkisah by Rio Motret.

Dia berharap, setelah ada pamera ini, masyarakat tidak hanya tahu tentang cerita Frozzen dan Cinderela tetapi lebih mengenal cerita lokal dari daerah di pelosok negeri ini.

Dalam pembukaan pameran Alkisah tersebut juga ditampilkan puluhan busana karya desainer kondang Deden Siswanto dan Ivan Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya