Tutup Iklan

Pameran di Mal, Dongkrak Pemasaran Produk UMKM Lokal

Pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertajuk Solo Art and Craft digelar untuk kali keempat di atrium Solo Paragon Mall.

 Pameran bertajuk Solo Art and Craft yang digelar di atrium Solo Paragon Mall, Rabu (2/6/2021). Pameran di mal diharapkan meningkatkan pemasaran UMKM. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

SOLOPOS.COM - Pameran bertajuk Solo Art and Craft yang digelar di atrium Solo Paragon Mall, Rabu (2/6/2021). Pameran di mal diharapkan meningkatkan pemasaran UMKM. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertajuk Solo Art and Craft digelar untuk kali keempat di atrium Solo Paragon Mall pada Selasa - Minggu (1-6/6/2021).

Pameran yang mengusung tema Recovery UMKM di Masa Pandemi ini sebagai sarana untuk membantu pemasaran UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyelenggara pameran dari Lee’ Mart Pro, Sumartoyo, mengatakan pihaknya mulai kembali menggelar pameran untuk para pelaku UMKM dari mal ke mal sejak Desember 2020 lalu. Menurutnya, bisnis UMKM sangat terdampak dengan adanya pandemi.

“Mereka rata-rata orang produksi, kalau tidak difasilitasi dengan pasar yang oke ya tidak sampai ke konsumen. Jadi, mereka kebanyakan fokus di produksi, tapi belum maksimal di marketing,” ujar dia, saat ditemui Solopos.com, Selasa (2/6/2021).

Baca Juga: Wow, Utang Masyarakat di Pinjol Tembus Rp20,61 Triliun

Makin Optimistis

Sumartoyo berharap lewat pameran UMKM yang kembali digelar ini menambah semangat para pelaku usaha yang sempat terpuruk karena pandemi. Menurutnya, dengan adanya pameran yang secara kontinyu diselenggarakan membuat pelaku usaha makin optimistis.

Selama masa pandemi, aktivitas mereka praktis banyak terhenti karena minimnya order. Sekarang ini waktunya mereka bangkit dan melanjutkan usaha. Namun demikian, ini dengan catatan mereka terus bisa berproduksi mana kala pameran semacam ini berkelanjutan. Artinya, mereka bisa berjumpa langsung dengan konsumen.

“Dengan pameran yang berkelanjutan, pelaku usaha ini merasa ayem. Jadi ada pasar untuk mereka jualan. Ini yang kami jaga, terlepas dari biaya sewa stand, hingga nanti dapatnya berapa,” imbuh dia.

Baca Juga: 15 UMKM Solo Dilatih Pemasaran Digital

Pada Solo Art and Craft edisi keempat ini menghadirkan sebanyak 36 UMKM. Kali ini mereka yang ikut pameran memamerkan beragam produk. Mulai dari batik baju, kain batik, aksesoris batik, tas plastik, dan aneka kerajinan tangan. Pameran pada momen ini dinilai sangat tepat karena tren masyarakat banyak yang berbelanja, salah satunya ke mal.

Pihaknya berharap lewat pameran ini produk UMKM kembali terangkat. Di sisi lain, melalui eksibisi semacam ini para pelaku UMKM bisa balik modal untuk sewa stand. Dalam hal ini, ia sudah tiga kali ini menggelar pameran serupa di Solo Paragon Mall. Hasilnya, cukup menggembirakan.

“Target kami simpel, mereka bisa mengembalikan modal membayar stand. Kami optimistis pasarnya bagus. Setelah ini pameran terus berlanjut, nanti ada furnitur dan kuliner,” jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mana Paling Menguntungkan? Ini Perbandingan Biaya Top Up Dompet Digital

Manakah dompet digital yang paling menguntungkan bagi pengguna? Berikut ini perbandingannya.

Menakar Potensi Ekonomi Sirkuit Mandalika di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19, Sirkuit Mandalika diharapkan memberi dampak besar bagi sektor ekonomi dan pariwisata bagi negeri ini.

Semen Gresik Sabet Dua Penghargaan Predikat Gold dalam ISDA Award 2021

PTSG dalam keikutsertaan pertama kali di ISDA Award, meraih predikat Gold untuk kategori pencapaian program SDGs Poin Kesatu dan Poin Kesepuluh.

Penumpang Anak Tarik Pintu Darurat, Citilink Terpaksa Mendarat

Penerbangan Citilink dengan nomor QG944 tujuan ke Batam terpaksa dialihkan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, akibat insiden tak terduga yang dilakukan oleh penumpang anak-anak.

ShopeePay Hadirkan Keuntungan Berlipat di 10.10 ShopeePay Double Deals

ShopeePay menyediakan promo Buy 1 Get 1 Deals, Voucher Cashback 100%, Flash Sale Rp1, dan berbagai keuntungan menarik lainnya.

Jackie Chan Jadi Kambing Hitam Kebangkrutan Evergrande

Saat raksasa real estate China Evergrande menghadapi krisis, beberapa netizen justru menghubungkan dengan "kutukan Jackie Chan".

Jualan Online Menggila, Pengusaha Kaus Ini Jual Produknya Hingga Korea

Meski di tengah pandemi Covid-19, tidak hanya di dalam negeri, produk-produk lokal bahkan menembus pasar-pasar mancanegara.

Puluhan Ribu Hektare Lahan BUMN Tambang Tumpang Tindih, Kok Bisa?

Puluhan ribu lahan tambang milik perusahaan pelat merah tercatat mengalami tumpang tindih. Lahan tersebut terjadi di wilayah izin usaha pertambangan.

Midea Gabung Jadi Sponsor AFF Suzuki Cup 2020

Midea, salah satu produsen peralatan rumah tangga dunia mengumumkan perusahaannya sebagai sponsor resmi Kejuaraan Sepak Bola AFF Suzuki Cup 2020.

Penyelenggara Event Soloraya Tunggu Izin Pernikahan dan Konser

Penyelenggara event Kota Solo dan sekitarnya menunggu realisasi izin konser dan kegiatan besar lainnya selama pandemi Covid-19.

Sempat Anjlok, Harga Telur di Solo Berangsur Normal

Harga telur ayam ras di pasar Solo berangsur normal yakni Rp17.500/ kilogram (kg) di level agen, dan Rp20.000/kg di pedagang, Senin (27/9/2021).

UBS Turun! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 28 September 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Selasa (28/9/2021) turun untuk UBS dan stagnan untuk cetakan Antam.

Cek Pabrik Pakan Ternak, Mentan Pastikan Stok Jagung Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan jagung untuk pakan ternak di pabrik pakan ternak (feedmill) di Serang, Banten, memastikan ketersediaan pakan aman.

Catat! Ini 8 Kesalahan Finansial yang Harus Dihindari

Sudah saatnya Anda mencoba untuk menghindari kesalahan dalam mengelola keuangan agar bisa bertahan hidup di masa depan.

The Alana Surabaya Ajak Setiap Keluarga, Piknik di Dalam Kamar!

Menyambut Alana is Back, The Alana Hotel Surabaya terus berinovasi demi kenyamanan dan keamanan pelanggan.