SOLOPOS.COM - HarianJogja/Gigih M. Hanafi Masyarakat menyaksikan kendaraan lapis baja yang dipamerkan di Jogja City Mall jalan Magelang, Sleman, Senin (15/8). Korem 072 Pamungkas akan memamerkan sejumlah peralatan tempurnya selama lima hari di Jogja City Mall (JCM). Pameran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 ini digelar sejak hari ini, Senin (15/8/2016) sampai Rabu (18/8/2016) mendatang.

Pameran alutsista di depan JCM menjadi objek foto warga

Harianjogja.com, SLEMAN– Puluhan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) milik TNI Polri dan Basarnas berjejer di halaman Jogja City Mall (JCM).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adanya alat dan kendaraan yang digunakan untuk pertanahan Negara tersebut menyedot perhatian masyarakat tentunya terutama anak-anak untuk berfoto.

Ratusan mata pengunjung Jogja City Mall (JCM) tertuju pada puluhan kendaraan besar yang ada di depan mall, tidak seperti hari-hari biasanya halaman depan gedung mal tersebut kini dipenuhi oleh puluhan kendaraan alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI Polri dan Basarnas.

Sejumlah alat pertahanan Negara tersebut sengaja di pajang dalam pameran alutsista yang bertajuk Independence Day Military Expo 2016 yang bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-71.

TNI Polri yang bekerjasama langsung dengan pihak JCM dan The Sahid Rich Hotel tersebut akan memamerkan kurang lebih 200 jenis alutsista milik TNI Polri dan Basarnas.

Bersambung halaman 2

Tak ingin melewatkan kesempatan berharga, ratusan pengunjung mall dan masyarakat yang sengaja datang untuk menyaksikan gagahnya kendaraan-kendaraan tempur ini kemudian berfoto dan menaiki beberapa jenis kendaraan yang dipamerkan di halaman mal JCM.

Dari puluhan jenis kendaraan dan alutsista yang dipamerkan, kendaraan jenis Panser Anoa dan Tank Leopard lah yang menjadi favorit banyak masyarakat untuk berfoto. Panser Anoa sendiri adalah salah satu Alutsista militer Indonesia yang telah mendunia. Kendaraan lapis baja buatan Indonesia ini telah menorehkan banyak prestasi dan berhasil menjalankan berbagai misi.

Selain itu tak kalah gagahnya, banyak juga masyarakat yang berfoto di depan ataupun di atas kendaraan Tank Leopard. Meskipun bukan jenis alutsista terbaru Tank Leopard yang di produksi sejak tahun 1979 ini ternyata tetap menjadi favorit masyarakat.

Salah satu pengunjung, Parmuji mengatakan, ini bukan pameran alutsista yang pertamakali ia datangi, namun ia dan keluarga terutama anak-anaknya memang sangat mengagumi berbagai kendaraan dan alat pertahanan milik Indonesia ini dri jenis lama hingga jenis terbaru.

“Anak-anak senang melihat kendaraan tempur milik Indonesia ini, selain jarang bisa melihat alutsista, pameran ini juga bisa untuk menambah ilmu bagi anak-anak,” katanya, Senin (15/8/2016).

Bersambung halaman 3

Kasiops Korem 072 Pamungkas, Letkol (Inf) Riyanto sebagai coordinator kegiatan mengatakan, agenda pameran kedua kalinya di JCM ini memiliki tujuan TNI untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Ia menjelasakan TNI memiliki kewajiban untuk memperkenalkan alutsistanya pada masyarakat umum, salah satu caranya dengan menggelar pameran seperti ini di berbagai lokasi, selain itu karena alutsista ini juga dibeli dengan uang Negara maka masyarakat juga merasa untuk memiliki berbagai alat canggih untuk pertanahan Negara ini.

“Sebelumnya kami selenggarakan pameran di Solo, kemudian sekarang di JCM. Pemilihan lokasi ini dikarenakan menurut perhitungan yang mudah untuk diakses oleh masyarakat luas. Selain itu dikarenakan TNI punya tanggungjawab pada masyarakat yang mendapatkan penanggungan pajak untuk membeli alat-alat tersebut,” ujarnya di sela-sela acara pembukaan di lokasi pameran.

Selain dua jenis alutsista yang menjadi favorit masyarakat, adapula alutsista lain seperti Panhard, Astros, meriam Cesar, dan berbagai macam jenis senjata lainnya yang ditampilkan selama tiga hari itu depan diharapkan akan banyakmasyarakat yang semakin akrab dengan berbagai alutsista milik Republik Indonesia tersebut.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X bersama Danrem 072 Pamungkas dan Kapolda DIY pada saat pembukaan kegiatan juga sempat dikirab dengan menggunakan salah satu alutsista yaitu tank Anoa. Pada saat pembukaan iringan drumband dari Akademi Angkatan Udara juga berhasil menghibur masyarakat dengan berbagai atraksi yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya