SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perkembangan Akses Internet (Detik)

Palapa Ring yang merupakan program Kemenkominfo sudah memasuki tahap pengumuman tender.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan pemenang tender Proyek Palapa Ring. Terlebih dahulu, website Kominfo.go.id mengumumkan pemenang lelang untuk masing-masing paket sebagai berikut:

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Paket Barat dimenangi oleh Konsorsium Mora Telematika Indonesia (Ketrosden Triasmitra).

Konsorsium Moratel – Triasmitra (Barat)
1. PT. Moratelematika Indonesia: 90%
2. PT. Ketrosden Triasmitra: 10%

Paket Tengah dimenangkan oleh Konsorsium Pandawa Lima

Konsorsium Pandawa Lima (Tengah):
1. PT LEN (Ketua Konsorsium): 51%
2. PT Teknologi Riset Global Investama (TRG): 34%
3. PT Sufia Technologies: 5%
4. PT Bina Nusantara Perkasa (BNP): 5%
5. PT Multi Kontrol Nusantara: 5%

Paket Timur ditunda dan perlu dilakukan penyiapan ulang karena kompleksitas profil medan di wilayah Timur.

Sekadar informasi Palapa Ring merupakan suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 33 provinsi, 440 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Seperti dikutip dari Detik, Sabtu (23/1/2016), proyek Palapa Ring akan melayani 57 kabupaten atau kota di Indonesia yang terbagi menjadi Paket Barat yang menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau sampai dengan Pulau Natuna dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

Kemudian Paket Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Terakhir Paket Timur yang menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua, sampai dengan pedalaman Papua dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 km.

Palapa Ring ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018. Menkominfo sebelumnya berharap, proyek ini mulai beroperasi sepenuhnya pada 1 Januari 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya