SOLOPOS.COM - Para pelayat menunaikan salat jenazah untuk mendiang Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam IX di Dalem Agung, Kompleks Pura Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (20/11/2015). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pakualam IX meninggal dunia, jenazah akan dimakamkan di Kulonprogo namun sebelumnya dilakukan upacara tlusupan

Harianjogja.com, JOGJA- Raja Kraton Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono X tiba di Puro Pakualaman, Minggu (22/11/2015) siang pukul 11.50 untuk memberikan penghormatan terhadap jenazah Raja Kadipaten Pakualam Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Pakualam IX.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sultan tiba bersama sang istri, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas beserta anak-anaknya. SUltan yang mengenakan pakaian adat langsung disambut oleh Puyra Mahkota Pakualam IX, Kanjeng Bendoro Pangeran Hario (KBPH) Prabu Suryodilogo.

Sejumlah kerabat kraton lainnya sudah tiba lebih dahulu di Puro Pakualaman. Setelah Sultan tiba, upacara Tlusupan langsung dimulai.

Upacara Tlusupan merupakan prosesi adat sebelum pemberangkatan jenazah. Upacara ini ditandai dengan prosesi mengelilingi jenazah oleh anak dan cucu Pakualam IX. Prosesi akan didahului dengan pebmacaan sambutan oleh Mandagri Tjahjo Kumolo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya