SOLOPOS.COM - Ribuan warga ikut mengantarkan jenazah KGPAA Pakualam IX ke peristirahatan terakhirnya di Makam Pakualam, Dusun Girigondo, Desa Kaligintung, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Minggu (22/11/2015). (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Pakualam IX meninggal dunia, pemakaman disaksikan ribuan orang

Harianjogja.com,  KULONPROGO- Ribuan warga ikut mengantarkan jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Pakualam IX ke peristirahatan terakhirnya di Makam Paku Alam, Dusun Girigondo, Desa Kaligintung, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Minggu (22/11/2015) siang.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Puluhan bendera setengah tiang terpasang di sepanjang jalan menuju Astana Girigondo menyambut rombongan mobil pembawa jenazah KGPAA Paku Alam IX yang tiba sekitar pukul 13.00 WIB.

Tak lama setelah ambulans berhenti, jenazah diturunkan dan disemayamkan sementara di Masjid Pakualaman Kompleks Makam Paku Alam Girigondo.

Peti jenazah sempat dibuka dengan disaksikan sejumlah kerabat dan abdi dalem. Salat jenazah kemudian dilakukan setidaknya dalam dua sesi sebelum kemudian peti jezanah dimasukkan ke dalam keranda khusus.

Sekitar pukul 13.30 WIB, jenazah diantar ke liang lahat yang telah disiapkan. Ratusan karangan bunga ucapan bela sungkawa seakan menjadi saksi ribuan masyarakat yang ingin ikut melepaskan kepergian sosok berwibawa yang lahir pada 7 Mei 1938 silam itu. Jenazah pun dimakamkan tepat di sebelah makam mendiang permaisurinya, Gusti Raden Ayu (GRAy) Koesoemarini yang telah mangkat pada 2011 lalu.

Hingga prosesi pemakaman berakhir, sejumlah peziarah tampak terus berdatangan. Mereka bahkan tidak hanya berasal dari DIY.

Misalnya saja Marni, warga Pacitan, Jawa Timur. Dia datang bersama rombongannya yang mencapai 28 orang. Meski harus menginap di Puro Pakualaman semalam, dia mengaku sudah niat ingin memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum. “Kami sampai di Puro Pakualaman tengah malam dan menginap di sana,” kata Marni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya